Beranda > Drama Korea > Jang Ok-jung

Jang Ok-jung

Tentu saja karena pemain utamanya,  yang membuat saya memutuskan untuk menonton drama ini. Apalagi disini pasangannya adalah , yang konon dinobatkan sebagai salah satu cewek tercantik di negeri asalnya sono. Lalu ada nama . Meski nama  yang dipasang bukan sebagai pemeran utama, cukup membuat saya agak gusar.

So colourful

So colourful

Drama dibuka dengan setting yang sangat indah. Semacam butik dengan baju-baju cantik yang dikelola oleh seorang perempuan cantik, Jang Ok-jung (). Tema fashion designer tentu sudah sering diangkat dalam drama Korea, tapi yang membuatnya berbeda di drama ini karena settingnya Korea jaman Joseon. Jadi desain bajunya ya baju-baju jaman dulu, meski modelnya cuma hanbok, tapi keren-keren lho🙂

Lalu cerita mengalir. Ternyata Ok-jung anak seorang budak. Dan karena statusnya ini, dia jadi bulan-bulanan bangsawan yang cemburu. Yah, agak sinetron sih. Tapi mengingat setting film ini adalah jaman kerajaan-kerajaan dulu, dimana hirearki masih sangat dijunjung tinggi, jadi bisa dimaklumi.

jang ok jung3

Kecantikan Ok-jung memesona seorang bangsawan yang ternyata adalah Lee Soon (), putra mahkota, setelah sebuah pertemuan yang tak terduga. Well, saya tak suka dengan ide jatuh cinta pada pandangan pertama. Tapi karena disini yang main adalah , saya cukup setuju bahwa kecantikannya bisa membuat seorang lelaki tertarik padanya pada pandangan pertama🙂. Lagipula, ternyata kisahnya sudah dimulai sejak bertahun-tahun sebeumnya. Ketika Ok-jung dan si putra mahkota masih remaja tanggung. Mereka bertemu ketika putra mahkota menyamar sebagai orang biasa.

Jang_Ok-Jung_-_Korean_Drama-0003

Saya biasanya juga merasa risih dengan ide jatuh cinta sejak masih kanak-kanak pada drama-drama Korea yang kadang agak tak masuk akal: bertemu sekali langsung menumbuhkan cinta sejati. Tapi pertemuan dan proses jatuh cinta Ok-jung- Lee Soon menurut saya cukup bisa diterima akal. Mereka bertemu ketika beranjak remaja. Usia yang pas untuk mulai mengenal cinta.Wajar ketika Lee Soon mulai merasa gugup melihat dada Ok-jung yang terbuka dan membuatnya tak bisa tidur. Hihi.

Mereka akan melupakan kisah cinta monyet itu dan kembali jatuh cinta setelah dipertemukan oleh banyak kebetulan. Tapi tentu saja, hubungan mereka adalah hubungan yang rumit. Putra mahkota harus menikah dengan perempuan selevel dan punya kekuatan politik. Namun cinta yang menggebu dan ambisi Ok-jung akhirnya membuat hubungan mereka menjadi mungkin meski Ok-jung hanya menjadi selir. Raja yang terlalu mencintainya, membuat cemburu permaisuri dan orang-orang sekitar dan berbagai intrik pun dilakukan untuk menyingkirkan Ok-jung.

jang_ok-jung-living_by_love-0054

Usai menonton drama ini, saya harus menghela napas. Huaah…capek. Pada episode-episode awal, ceritanya cukup membuat penasaran. Chemistry kedua pemain utamanya,  dan  juga terasa begitu kuat sehingga saya cukup ikut tersipu ketika Yo Ah-in curi-curi pandang. Lalu kemunculan Dongpyung, teman sekaligus paman putra mahkota dengan karakternya yang slengekan, juga terasa memberi warna. Hingga kemudian, intrik demi intrik terus bergulir seolah tiada akhir. Ibu permaisuri, Permaisuri, menteri ini, menteri itu, paman Ok-jung….semuanya berusaha menjatuhkan Ok-jung dengan berbagai cara…whua, saya benar-benar merasa kelelahan!

jang ok jung

Apa yang salah? Plot, skenario? Mungkin. Jujur, ketika menonton drama seri, saya berharap sebuah cerita yang menghibur. Menghabiskan waktu  sekian jam, menyimak episode demi episode, saya ingin hal yang membuat saya bisa tersenyum. Di awal-awal drama ini, meski sudah dipenuhi intrik, saya masih mengharapkan hal-hal yang membuat saya tersenyum. Dan memang saya temukan. Tapi semakin ke ujung…oke, saya akhirnya menyerah. Aktor-aktris yang berkualitas rasanya jadi mubazir (nggak rela rasanya aktor sekelas yang dapat peran nggak terlalu berarti!😦 ). Lee Sang-yeop yang di awal sangat potensial juga seperti direduksi karakternya hanya sebagai pemuda patah hati.

Tapi itu cuma pendapat subyektit tentu saja. Secara keseluruhan, saya pikir, drama ini juga tetap sebuah tontonan yang digarap dengan profesional.

Cast:
 – Jang Ok-jung
 – Lee-Soon
Hong Soo-Hyun – Permaisuri Inhyun
 – Hyun Chi-soo
– Pangeran Dongpyung

Judul: Jang Ok Jung, Living by Love /Jang Ok-Jung, Sarange Salda (장옥정, 사랑에 살다)
Sutradara: Boo Sung-Chul
Penulis: Choi Jung-Mi (novel & screenplay)
Tayang: SBS
Episode: 24
Rilis: April 8 – June 25, 2013
Bahasa/Negara: Korean /Korea Selatan

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

