Beranda > Drama Korea > Horse Doctor

Horse Doctor

Hmm, rasanya sudah cukup lama tak menonton drama seri Korea. Habis ceritanya hampir-hampir sama dan ada kecenderungan drama-drama sekarang makin panjang serinya jadi merasa tak punya cukup energi untuk menonton.

Lalu saya membaca sinopsis drama ini: Horse Doctor. Dari segi cerita sih seperti bukan hal yang baru, tapi cast-nya membuat saya penasaran ingin menonton. Yang pertama, tentu  si Dokter Baek! Saya sudah sering menyebut di tulisan saya,  kalau he’s my fave actor. Dan Horse Doctor adalah drama seri pertamanya. Saya pikir, aktor sekelas dia nggak akan ambil peran remeh temeh di sebuah drama seri.

Lalu pasangannya adalah . Well, meski bukan favorit, tapi beberapa karakter yang diperankannya cukup menarik. Ditambah Lee Sang-woo sebagai ‘the 2nd man’. Jadinya, saya cukup berharap dari drama ini. Meski dari awal sudah miris dengan jumlah episodenya: 50! Satu-satunya drama panjang yang sanggup saya ikuti sejauh ini cuma Jewel in The Palace. Tapi demi mengobati rasa penasaran, saya berusaha ‘mengerahkan’ energi saya untuk menonton drama ini.

hd6

Kisah dimulai beberapa tahun sebelumnya. Dari persahabatan tiga orang pelajar medis. Yi Myungwon, seorang anak dokter kuda yang berbakat jadi dokter dan akhirnya mendapat kesempatan itu. Kang Dojun, seorang putra bangsawan yang pintar dan baik hati. Lalu satu-satunya cewek, Jang Inju, perawat yang penuh dedikasi. Bertiga, mereka tekun mempelajari ilmu kesehatan dan membangun mimpi-mimpi untuk mengabdikan diri untuk menolong orang-orang sakit.

hd

Tapi kehidupan istana yang penuh intrik, akhirnya menghancurkan persahabatan mereka. Yi, terdesak oleh keadaan, melakukan pengkhianatan yang berujung dengan dijatuhkannya hukuman pada Dojun sebagai kambing hitam. Dihari itu, istri Dojun melahirkan dengan bantuan Inju. Jika bayi itu laki-laki, maka ia harus dibunuh. Sementara jika perempuan akan dijadikan budak. Ternyata yang lahir adalah bayi laki-laki. Demi menyelamatkan bayi itu, seorang budak yang pernah ditolong Dojun dan merasa berutangbudi,menukar bayi perempuannya dengan bayi laki-laki itu yang kelak, atas pesan ayahnya, diberi nama Kwanghyon.

Kim So-eun yang tampil gemilang sebagai Sokhwee

Kim So-eun yang tampil gemilang sebagai Sokhwee

Setelah melewati masa kecil yang penuh drama dan beberapakali nyaris terbunuh, Kwanghyon akhirnya ‘terdampar’ di sebuah peternakan kuda. Diasuh dua lelaki perawat kuda yang menyayanginya. Disana, ia juga belajar menjadi perawat kuda . Keahlian yang kemudian akan membawanya ke istana, menjadi bekalnya untuk menjadi dokter yang mumpuni. Latar belakangnya yang gelap, akan menjadi rintangan baginya meraih mimpi-mimpi. Karena ia harus berhadapan dengan Yi Myongwan yg telah menjadi salah satu dokter nomor satu di kerajaan dan kini telah menjelma menjadi lelaki tamak yang haus kekuasaan.

Lee Sang-woo yang jadi 2nd man

Lee Sang-woo yang jadi 2nd man

Cinta, tentu saja ada. Seperti semua drama tentang ‘anak yang ditukar’ tentu sudah bisa diduga perjodohan keduanya. Yups, si bayi perempuan yang ditukar, Jinyong, akan menjadi perawat di istana, dianggap sebagai anak Dojun dan dibebaskan dari status budak.

Horse Doctor

Horse Doctor

Cinta, intrik, dan perjuangan anak manusia dalam meraih mimpinya. Saya pikir, semua bagian cerita diramu dan disajikan dengan porsi yang pas. Akting para pemainnya juga semuanya diperankan dengan pas. Didukung sinematografi yang menurut saya cukup sempurna untuk drama jenis ini. Tapi seperti saya bilang, secara garis besar, cerita drama ini bukan sesuatu yang baru. Bagi saya yang sudah menonton Jewel in the Palace misalnya, terus berpikir bahwa beberapa bagian cerita drama ini mirip dengan Jewel. Tapi tenang saja, masih ada beberapa bagian drama yang menyajikan kejutan kok. Setting dunia kedokteran Korea jaman dulu, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi drama ini. Apalagi drama-drama Korea, selalu punya setting yang kuat dan solid.

Cast:
 – Baek Kwang-hyon
 – Kang Jin-yeong
 – Lee Sung-ha
Son Chang-min – Lee Myung-hwan
Yoo Sun – Jang In-ju

Kim So-eun – Putri Sook-whee
Jo Bo-ah – Seo Eun-seo (janda)
Han Sang-jin – Raja Hyunjong
Lee Soon-jae – Dokter Ko
Kim Chang-wan – Jung Sung-jo
Jeon No-min – Kang Do-jun
Choi Soo-rin – Joo In-ok (pemilik restoran)
Kim Hye-sun – Permaisuri
Lee Hee-do – Choo Ki-bae (ayah angkat Kwang-hyon)
Maeng Sang-hun – Oh Jang-park (chef)
Ahn Sang-tae – Ja-bong (temannya Kwang-hyon)
Eom Hyeon-Kyeong – Ka-yong

Judul Lain: The King’s Doctor/ Maui (마의)
Sutradara: Lee Byung-Hoon
Penulis: Kim Yi-Young
Tayang: MBC, October 1, 2012 – March 25, 2013 
Episode: 50
Bahasa/Negara: Korea/ Korea Selatan

Awards:
MBC Drama Awards  2012 – Grand Prize ()
Best Actor (special project) –
Excellent Actor (special project) –  Lee Sang-Woo
Best New Actress – Kim So-Eun

  1. Afrida
    April 24, 2016 pukul 11:19 am

    Penasaran dg endingnya

    • April 24, 2016 pukul 3:57 pm

      tenang saja, happy ending, koq🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: