Beranda > Film Mandarin > The Grandmaster

The Grandmaster

Ketika mendengar bahwa  membuat film ini, saya tak sabar menanti kapan film ini selesai dan diputar. Pertama, tentu  yang film-filmnya menjadi favorit saya. Kedua, jajaran cast-nya. Selain  dan yang seolah sudah menjadi aktor aktris andalan Wong, ada nama . Bagi penggemar film atau drama Korea, siapa yang tak kenal Ji-eun di Full House ini?🙂

the grandmaster

Butuh waktu cukup lama sepertinya sampai film ini selesai dibuat. Dan begitu mendengar bahwa film ini sudah tayang, langsung deh berburu di lapak, hehe.

Grandmaster mengisahkan salah satu fase kehidupan Ye Wen (), yang dikenal dengan sebutan Ip Man ketika ia memasuki usia 40 tahun. Sebagai salah satu master kungfu, ia punya kehidupan yang mapan. Anak-anak dan istri pendiam yang cantik dan setia, Cheung Wing-sing ().

the grandmaster5

Namun kehidupan tak pernah terlalu tenang bagi seorang pendekar silat. Gong Yutian, seorang master kungfu dari utara mengumumkan pengunduran dirinya dan mewariskan perguruannya pada muridnya, Ma San. Sementara untuk wilayah Selatan, terjadi perebutan kekuasaan. Ip Man muncul untuk menantang Gong Yutian, dimana kemudian terjadi ‘perkelahian’ logika. Gong kalah dan menyerahkan wilayah pada Ip Man. Gong Er (), putri tunggal Gong Yutian yang berhati keras, meminta duel dengan Ip Man demi mengembalikan nama baik keluarganya.

Song Hye-gyo yang perannya tak terlalu berarti, sayang :(

Song Hye-gyo yang perannya tak terlalu berarti, sayang😦

Duel itu menumbuhkan benih-benih suka di antara keduanya. Meski Ip Man berusaha menahan diri karena sudah berkeluarga.
Ketika masa pendudukan Jepang, Ip Man jatuh dalam kemiskinan dan keluarganya berantakan. Di sisi lain, Ma San yang menjadi antek-antek Jepang, membunuh gurunya, Gong Yutian. Dan Gong Er siap membalas dendam.

Zhang Ziyi yang main bagus

Zhang Ziyi yang main bagus

Sebenarnya cerita Ip Man bukan cerita baru, karena sudah ada film yang dibuat, salah satunya yang dibintangi sama Donnie Yen. Dan menurut saya, cukup bagus. Dan mungkin jadi agak sulit untuk membuat versi yang lebih bagus lagi karena akan ada banyak ekspektaksi. Ip Man versi Wong tetap punya kekhasannya sendiri. Hal ini terasa sejak awal melalui permainan warna, gambar-gambar yang terkesan sangat sinematis, narasinya yang liris dan juga musiknya yang shopiscated, alur ceritanya juga nggak sama dengan Ip Man-Ip Man sebelumnya. But..jujur saya tak terlalu puas dengan film ini. Seperti saya bilang, mungkin karena saya agak terlalu banyak berekspektasi. Terutama dari segi penceritaan. Saya merasa cerita film ini agak nggak fokus karena setengah ceritanya lebih banyak memaparkan Gong Er daripada si Ip Man. Ini Grandmasternya Ip Man apa Gong Er sih?

the grandmaster6

Saya juga merasa agak kecewa dengan peran  yang terasa nggak terlalu berarti. Mungkin ini masalah di skenerio sih. Tapi untuk aktris sekelas dia, rasanya sayang banget mendapat peran yang nggak terlalu besar begitu (yah, mungkin juga karena dia satu-satunya pemain asing sih).

But averall, tetap layak untuk ditonton kok. Scene-scenenya, terutama silatnya, terlihat keren.

Cast:
 – Yip Man (Ye Wen)
 – Gong Er
– Cheung Wing-sing (Zhang Yongcheng)
Chang Chen – “The Razor” Yixiantian
Judul Mandarin: Yī Dài Zōng Shī
Sutradara:
Produser: Ng See-yuen,
Penulis: Wong Kar-wai
Musik : Frankie Chan
Sinematografi: Philippe Le Sourd
Rilis: 8 January 2013 (China), 10 January 2013 (Hong Kong)
Negara: Hong Kong, China
Bahasa: Mandarin,Kanton, Jepang

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: