Beranda > Film Barat, Film Romantis > Letters to Juliet

Letters to Juliet

Sophie (), seorang fact checker (‘pengecek kebenaran?’) di surat kabar The New Yorker. Ketika mendapat waktu luang, ia merencanakan liburan ke Verona bersama tunangannya, Victor yang orang Italia. Sophie membayangkan bahwa ini akan menjadi liburan yang romantis di sebuah kota yang romantis karena Verona adalah latar cerita Shakespeare untuk cerita novel teromantis di dunia: Romeo Juliet. Tapi sebaliknya, Victor malah disibukkan dengan riset untuk restoran Italia yang akan dibukanya di Amerika. Sophie pun seperti diacuhkan.

letters to juliet

Kesal dan membuang bosan, ketika sedang jalan-jalan sendiri dan singgah di ‘rumah Juliet’, salah satu tempat wisata dimana banyak orang dari penjuru dunia meninggalkan bermacam surat cinta. Bukan itu yang menarik hati Sophie, melainkan perempuan yang datang dengan keranjang dan mengumpulkan surat-surat itu. Sophie pun kemudian bertemu dengan beberapa perempuan yang menamakan diri mereka ‘sekretaris Juliet’ tugas mereka adalah membalas surat-surat para penggunjung di ‘rumah Juliet.’ Sophie tertarik untuk ikut membantu, dan disitulah ia menemukan sebuah surat cinta usang atas nama Claire yang ditujukan pada kekasihnya, Lorenzo Bartolini, kekasih masa mudanya yang terpaksa berpisah karena suatu hal.

Garcia Bernal yang jadi Victor.

Garcia Bernal yang jadi Victor.

Atas balasan dari Sophie, Claire yang kini sudah nenek-nenek, datang dari Inggris ditemani cucunya, Charlie. Tujuannya adalah mencari Lorenzo Bartolini, karena surat itu telah membangkitkan cinta masa muda si nenek.

Surat-surat untuk Juliet

Surat-surat untuk Juliet

Maka bertiga mereka berkeliling desa-desa di sekitar Verona untuk mencari Lorenzo. Tentu bukan hal yang mudah karena ada begitu banyak nama Lorenzo, lagipula belum tentu Lorenzo masih hidup bukan? Tidak hanya itu, karena di tengah pencarian, akan muncul benih-benih cinta di antara anak muda: Sophie dan Charlie. Tapi bukankah Sophie masih punya tunangan dan harus kembali ke Amerika?

Serasa jadi Juliet, hehe

Serasa jadi Juliet, hehe

Hehe, tenang saja. Karena ini adalah film romantis, akhirnya akan happy ending kok.Meski ceritanya terasa tak terlalu ‘kuat’ tapi latar desa-desa Italia yang hijau dan indah permai membuat film ini terasa sangat menyegarkan. Bisa menjadi pilihan tontonan di waktu senggang!

Note:
Konon ‘sekretaris Juliet’ memang sungguhan ada dan di support oleh pemerintah Verona. Film ini sendiri konon terinspirasi dari buku non fiksi berjudul sama (Letters to Juliet) tulisan Lise dan Ceil Friedman.

Cast:
– Sophie Hall
– Charlie Wyman
– Victor
Vanessa Redgrave – Claire Smith
Franco Nero – Lorenzo Bartolini

Sutradara:
Produser: Caroline Kaplann, Ellen Barkin, Mark Canton
Penulis: Jose Rivera, Tim Sullivan
Musik : Andrea Guerra
Sinematografi: Marco Pontecorvo
Rilis: 14 Mei 2010
Durasi: 105 menit
Negara: US, Italia
Bahasa: Inggris, Italia

  1. Februari 15, 2013 pukul 7:46 am

    Film ringan yang menghibur. Sempet ngira bakal jadi sad ending tapi pas tahu istrinya Lorenzo dah ninggal, lha kok malah seneng, hehe…

    • Februari 17, 2013 pukul 1:29 am

      yups, cukup menghibur. saya sih lebih senang dengan latar italia-nya yang terasa eksotis😉

  2. Februari 18, 2013 pukul 3:00 am

    Mungkin itu yg disebut takdir, 🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: