Beranda > Film Action, Film Jepang > Rurouni Kenshin

Rurouni Kenshin

Saya bukan penggemar Samurai X. Saya bahkan belum pernah sekalipun nonton animenya. Saya cuma familiar dengan soundtracknya, Kono Sekai No Katasumi De, yang terdengar asyik banget itu. Ohya, juga gambarnya yang jadi sticker di mana-mana. Tapi ketika mendengar bahwa anime ini bakal dibuat live action-nya, saya cukup penasaran dan nggak sabar pengin nonton. Berhubung nunggu diputer di bioskop rasanya mustahil (seandainyapun diputer pasti butuh waktu lama untuk sampai di kota kecil tempat saya tinggal), maka cara tercepat adalah ngubek-ubek lapak cd bajakan. Begitu baca di internet kalau di luar negeri sono sudah ditayang di layar lebar, saya mulai rajin mampir ke penjual cd dan ketika akhirnya menemukannya, saya senang sekali.

kenshin2

Mungkin bagus juga saya nggak pernah ngikutin versi animenya, sehingga saya nonton dengan kepala blank sepenuhnya dan tak punya ekspektasi apa-apa mengenai para pemerannya juga jalan ceritanya.

Kaoru

Kaoru

Dalam versi film ini, digambarkan sekilas masalalu Hiruma Kenshin, yang di masalalu adalah batosai (semacam pembunuh bayaran) berdarah dingin yang telah membunuh banyak orang. Setelah suatu kejadian yang meninggalkan kesan mendalam dihatinya juga tanda ‘X’ di pipinya, ia memutuskan untuk tobat dan nggak akan membunuh lagi.

Megumi

Megumi

Namun kemudian ia mendapati bahwa dunia tak lantas damai tenteram meski dia sudah berhenti menjadi pembunuh. Ada orang-orang berhati bengis yang selalu ingin menyakiti dan menghabisi orang lain. Ada Takeda, si juragan kaya yang tamak, yang dengan uangnya mampu membayar batosai-batosai keji.

Kenshin

Kenshin

Kekejiannya cukup membuat polisi kewalahan dan si polisi yang ternyata punya ikatan masalalu dengan Kenshin mengajaknya memerangi Takeda. Kenshin pun bimbang: bertahan dengan prinsipnya untuk tak membunuh tapi melihat pembunuhan setiap hari di sekitarnya atau melanggar janjinya untuk menumpas kejahatan?

Dan jangan khawatir juga kalau cerita akan jadi kering karena akan ada bunga dengan kisah cinta yang manis antara Kenshin dan Kaoru.

Kenshin versi anime, mirip nggak?

Kenshin versi anime, mirip nggak?

Overall, saya suka versi live action ini. Scene demi scene dieksekusi dengan pas. Sinematografi, adegan actionnya, menurut saya cukup indah. Aktor-aktrisnya? Saya pikir mereka memerankan peran masing-masing dengan baik meski entah bagaimana saya merasa  sebagai Kenshin terasa kurang karismatis. Whatever, dia cukup manis dan enak dilihat, hihi.

Untuk penggemar film bergenre samurai-samurai-an, saya rekomendasikan nonton film ini. Apalagi para penggemar Samurai X, wajib tonton deh!🙂

Cast:
– Kenshin Himura
– Kaoru Kamiya
Koji Kikkawa – Udo Jine (si batosai sadis)
– Megumi Takani
– Sanosuke Sagara (si pethakilan🙂 )
Gou Ayano – Gein (si pendekar bertopeng)
Genki Sudo – Banjin Inui
Taketo Tanaka – Yohiko Myojin
Fiji Okuda – Aritomo Yamagata (kepala Polisi)
– Hajime Sato (polisi)
Teruyuki Kagawa – Kanryu Takeda

Judul : Rurouni Kenshin (るろうに剣心)
Sutradara:
Penulis:   (manga), Kiyomi Fujii,
Produser: Takero Hisamatsu, Tatsuro Hatanaka, Masahiko Ibaraki, Hiroaki Kitano, Osamu Kubota, Hiroyoshi Koiwai
Sinematografi: Takuro Ishizaka
Rilis: 25 Augustus, 2012
Durasi: 134 min.
Bahasa/ Negara: Jepang/ Jepang

Film Festivals:

– Busan International Film Festival 2012 – Open Cinema *International Premiere
– Sitges Film Festival  2012 – Official Fantàstic Competition
Note:
Batosai (battousai) merupakan sosok fiksi ciptaan  (pembuat anime Samurai X) yang konon didasarkan pada tokoh ‘hitokiri’ (pembantai manusia) pada tahun 1800-an, Kawakami Gensai dan  Matsubayashi Henyasai yang hidup di era Tokugawa. Mungkin istilah ‘battousai’ sendiri bisa diartikan sebagai ‘ahli pedang’ karena ada istilah battōjutsu, istilah yang bisa diartikan sebagai seni bermain pedang, cabang dari kenjutsu (teknik bermain pedang).

  1. purnama
    Januari 22, 2013 pukul 1:22 pm

    Aq penggemarnya Kenshi yg versi anime..
    Aq slalu ikuti episodenya samurai X dari awal sampe akhir dan menurutQ sich bagus..
    tp aq blm liat yg ini, ntar aq cari dech..
    BTW tolong jawab pertanyaanQ donk yg aq tulis di “Sunny”

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: