Beranda > Film Action, Film Korea > A Dirty Carnival

A Dirty Carnival

Byung-doo (), pemuda 29 tahun. Sebutlah dia gangster kelas 3. Seperti banyak cerita tentang gangster yang simpatik, dia menjadi gangster karena ‘terpaksa. Byung-doo harus menghidupi dua orang adik dan seorang ibu yang penyakitan. Hidup masih saja sulit baginya, ditambah lagi ibunya yang selalu mencecarnya dengan pertanyaan-pertanyaan menyudutkan mengenai pekerjaan yang dilakukan.

Dirty Carnival

Ingin ‘naik kelas, Byung-doo pun melakukan keberanian seorang gangster: membunuh bosnya, Sang-chul (gangster kelas 2) dengan bantuan orang kepercayaannya, Jong-soo. Maka, jadilah Byung-doo orang kepercayaan si bos besar.

Satu hal yang menarik dari film-film ‘gelap’ Korea, adalah ceritanya yang tak kering. Selalu ada drama. Begitu juga dengan film ini. Drama akan mengekspos ‘sisi manusiawi’ Byung-doo. Dalam kehidupan sehari-hari, bisa disebut dia lelaki berhati lembut dan romantik: cintanya adalah Hyun-joo (), pegawai toko buku, teman masa kecilnya. Dia juga masih menjalin hubungan yang sangat baik dengan sahabat masa kecilnya, Kim Min-ho ( ), yang sekarang berprofesi sebagai sutradara muda yang sedang membangun karir.

Dirty Carnival3

Min-ho ingin membuat film tentang gangster. Ketika tahu bahwa Byung-doo adalah gangster, ia sangat terbantu. Byung-doo sendiri dengan senang hati membantu Min-ho. Dan karena sudah sangat mempercayai Min-ho, ia tak menutupi apapun tentang dirinya pada Min-ho, termasuk rahasia ‘gelapnya’ yang justru akan menjadi racun baginya sendiri.

Awalnya, saya agak berharap, ini akan jadi film gangster yang sedikit berbeda. Maksudnya dengan cerita sedikit ‘soft’ dan ending yang lebih gembira. But well, mungkin memang bukan seperti itu rumus film gangster. So, bagi yang tak suka film gangster mungkin tak akan terlalu puas dengan film ini. Bagi saya sendiri, meski saya tak suka dengan ceritanya (sama sekali bukan karena jelek lho) tapi bagi saya ini tetap film yang cukup mengesankan. Sekali lagi, saya memuji unsur drama dalam film ini yang membuat ceritanya benar-benar terasa tak kering. Meski ada sedikit cacat di kisah Byung-doo & Hyun-joo yang ‘hanya begitu saja’ hingga cerita selesai.

Dirty Carnival2

Dan two thumbs up untuk . Saya sudah nonton dua film dia yang lain (, ) dan saya  sempat agak underestimate sama akting dia. Tapi di sini, wow, he’s awesome. Mungkin nggak sekarismatik  di , tapi dia cukup berhasil memerankan sosok seorang gangster muda berdarah dingin tapi juga mempunyai sisi-sisi lembut, ditunjang dengan tampangnya yang memang mendukung (he seems so good looking here 🙂 ).

Cast:
 – Byung-doo
– Min-ho
Cheon Ho-jin –  Presiden Hwang
 – Hyun-joo
Yoon Je-moon – Sang-chul
Jin Goo – Jong-soo

Judul Lain: Biyeolhan Geori (비열한 거리)
Sutradara:
Penulis:
Produser: Seung-jae Cha, Min-hee Kim
Sinematografi: Hyeon-ki Choi
Rilis: June 15, 2006
Durasi : 141 Min.

Awards:
Critics Choice Awards 2006: Best Director
Asian Film Awards 2007: Nominasi Best Editor (Park Go-ji)
Grand Bell Awards 2007: Nominasi : Best Actor (Jo In-sung, Best Film, Best Screenplay, Best Supporting Actor (Cheon Ho-jin)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: