Beranda > Film Korea > Sky & Ocean

Sky & Ocean

 main film sama ? Wow! Tentu saja saya penasaran bukan main. Cari-cari di Youtube, ternyata ketemu filmnya (much thanks to the uploader!^-^).

Ha-neul () adalah seorang gadis berusia 20-an yang memiliki pemikiran dan tingkah laku selayak anak usia 6 tahun. Pendeknya, Ha-neul mengalami keterbelakangan. Di apartemennya yang disulap seperti sebuah negeri dongeng, ia hanya tinggal bersama kucing kesayangannya, Beatles dan sebuah biola yang tak lagi bisa ia mainkan. Ayah-ibunya yang musisi sukses, meninggal dalam sebuah kecelakaan naas. Ia hidup dengan ditinggali warisan yang sepertinya sangat banyak di bawah asuhan Ny Min, yang sebentar lagi akan bermigrasi ke New York.

Haneul, yang punya keterbelakangan mental tapi pintar main biola

Haneul, yang punya keterbelakangan mental tapi pintar main biola

Bertetangga dengan Ha-neul adalah Ba-da ( ), seorang cewek 20 tahun yang tinggal bersama ayah dan ibu tirinya. Bada adalah vokalis sebuah band kampus dan punya sifat keras yang membuatnya sangat tak disukai ibu tirinya. Setiap hari mereka bertengkar. Ayahnya, tak bisa berbuat banyak dan akhirnya memutuskan untuk pindah, meninggalkan Ba-da dengan cukup uang. Ba-da merasa marah dan sangat sedih. Saat itulah, Ha-neul menawarkan persahabatan. Bagi Ha-neul, Ba-da memang sahabatnya, karena ia percaya yang dikatakan pengasuhnya bahwa ‘setiap orang yang dilihatnya setiap hari adalah teman’ dan Ba-da adalah salah satunya. Meski awalnya Ba-da kesal karena tak biasa menghadapi sikap seorang yang berpikiran seperti anak-anak, perlahan bisa memahami Ha-neul.

sky and ocean

Satu orang lagi yang menjadi ‘teman’ Ha-neul adalah Jin-kyu, seorang pemuda pengantar Pizza (!^-^). Jin-kyu ini sebenarnya semacam anak jalanan yang selalu membual sebagai mahasiswa di Universitas Seoul. Karena bualannya inilah kemudian ia malah diperdaya seorang cewek matre yang mencuri tabungannya yang ia kumpulkan untuk membeli rumah.

Demi mendapat uang lebih, Jin-kyu menipu Ha-neul bahwa harga pizza 100 ribu won, padahal harga sebenarnya cuma 10 won. Ha-neul tak keberatan membayar uang sejumlah itu karena ia pikir Jin-kyu pastilah membutuhkan uang.

sky and ocean4

Pada akhirnya, 3 orang anak muda yang tak lagi mendapat kasih sayang orangtua ini bersama, menjalani hidup dengan gembira. Biola Ha-neul yang ‘mati’ sejak kepergian orangtuanya bisa ‘hidup’ kembali. Ba-da menemukan apa yang ingin ia lakukan, pun demikian dengan Jin-kyu. Film yang menghibur🙂

Cast:
– Ha-Neul (sky)
– Ba-Da (ocean)
 – Jin-Kyu
Baek Hyun-Suk – Mi-Suk
Han Ji-Hoo – Gang-Min
Oh Jung-Hae – Ny. Min

Judul Lain: Haneulgwa Bada (하늘과 바다)
Sutradara: Dal-kyun Oh
Rilis: 29 Oktober 2009
Durasi: 104 min.

Notes:
– “Haneul” dalam bahasa Korea artinya “sky” dan “Bada” artinya “ocean” / “sea“. Jadi saya pikir dari kedua karakter inilah judul film ini berasal.
– Konon, banyak kejadian kurang mengenakan dalam produksi film ini. crew film konon menuntut secara hukum produksi film ini karena gajinya nggak dibayar-bayar, namun kemudian sepertinya bisa dinegosiasikan. Setelah ayahnya Jang Na-ra yang bertindak sebagai co-producer mengumumkan kalau ada fan anonim menyumbang 100 juta won ($86,000 USD) yang bisa digunakan untuk produksi dan promosi “Sky & Ocean”
– “Sky & Ocean” mendapat nominasi “Best Film” and “Best Actress” pada Daejong Film Awards 2009. Hal yang dianggap kontroversial karena film ini mendapat nominasi sebelum dirilis, dan juga karena Jang Na-ra yang dinominasikan sebagai Best actress, bukannya Ha Ji-won untuk dua filmnya, Closer to Heaven dan Heundae.  Namun pihak Daejong merespin kritik ini mengatakan bahwa sebuah film bisa dinominasikan sebelum rilis  dan Ha Ji-won muncul di dua film populer sehingga  suaranya jadi terpecah.
–   (yang jadi Jin-hyuk) menulis di web-nya kalau ia mengkiritik  co-producer Oh-seong Ju (ayahnya Jang Na-Ra) kalau terlalu banyak campur tangan selama produksi film melebihi wewenangnya sbg produser. Dia juga mengkritik gagalnya film ini diputar di bioskop-bioskop karena ketidakmampuan pihak produksinya. Menghadapi ini, Oh-seong Ju, si produser membantah tuduhan Yu Ah-in melalui media dan berniat melawannya lewat jalur hukum, namun dicegah anaknya, Jang Na-ra. Oh-seong Ju juga mengkritik  yang nggak pernah ikut promosi film.

(sumber: asianwiki.com)

Hmmm, kadang mungkin memang sulit ya profesional dalam kerjaan kalau punya hubungan kekeluargaan yang begitu dekat (ayah dan anak). Whatever, terlepas dari semua kontroversi itu, film ini cukup layak untuk ditonton kok. Jang Na-ra juga main bagus dan meyakinkan sebagai seorang cewek terbelakang dan saya pikir pantas aja dapat nominasi Best Actress.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: