Beranda > Drama Korea > Shut Up Flower Boy Band

Shut Up Flower Boy Band

Sebenarnya saya ‘tak sengaja’ menemukan drama ini. Iseng dalam perjalanan ke lapangan, ketika singgah di pasar tradisional, membuang bosan, saya lihat-lihat koleksi CD yang terjejer di lapak. Dari pengalaman, saya beberapa kali menemukan film-film bermutu agak lama yang biasanya sulit saya dapat di kota. Setelah bersimbah keringat, saya tak menemukan yang saya cari. Saya pun beralih ke koleksi CD-CD Korea yang jumlahnya tak seberapa dan kesannya drama-drama lama. Eh, ketemulah beberapa drama yang sepertinya baru dan menarik. Salah satunya adalah drama ini.

Eye Candy, rock band dengan personil bertampang boyband

Eye Candy, rock band dengan personil bertampang boyband

Shut Up Flower Boy Band. Judulnya cukup provokatif. Saya sempat berpikir, apa ini ceritanya tentang para boyband atau semacam ‘kritik’ terhadap boyband? Jika yang pertama, saya tertarik untuk melihat para pemainnya yang seharusnya berwajah ‘menyegarkan mata’🙂. Jika yang kedua, tentu lebih menarik lagi. Bagaimana Korea yang selama ini kiblatnya boyband kemudian ‘mengkritiknya.’ Nyatanya…

Byung-hee, the freak leader. Sayang nggak berumur panjang :(

Byung-hee, the freak leader. Sayang nggak berumur panjang😦

Mungkin tak bisa disebut dua-duanya karena SUFBB berkisah tentang sebuah rock band yang isinya cowok-cowok yang bisa disebut bertampang boyband. Meski begitu, mereka bukan boyband yang cuma jual tampang karena digambarkan bahwa mereka sangat mementingkan musik mereka. Eye Candy (saya baca artikel lain disebut juga ‘Eye Purification’ tapi saya lebih mudah menuliskannya Eye Candy saja), demikian nama band itu. Yang dianggotai 6 cowok SMA.

Ada Byung-hee () si leader, vokalis sekaligus penulis lagu. Ji-hyuk (), gitaris yang punya karakter cuek dan menganggap musik dan band-nya segalanya. Hyun-soo (L/ , gitaris, terkesan jutek tapi sebenarnya seorang yang hangat. Kyu-joong (), cowok berwajah imut yang terkesan bego dan banyak omong tapi penuh perhatian ke teman-temannya. Ha-jin (), bassist yang narsis dan playboy. Terakhir, Dong-il (), cowok cool dan terkesan misterius (sebenarnya dia anak kepala gangster) tapi paling dewasa, yang jadi drummer.

Ji-hyuk, si cuek yang bakal jadi next leader of Eye Candy. I love his character :). Tidakkah dia mirip Oguri Shun? :)

Ji-hyuk, si cuek yang bakal jadi next leader of Eye Candy. I love his character🙂. Tidakkah dia mirip Oguri Shun?🙂

Ke-6 cowok ini berasal dari keluarga kelas bawah. Di sekolah, mereka terkenal sebagai para bengal yang menyusahkan. Ketika sekolah lama mereka akan ditutup, mereka ditransfer ke Joon Sang High School, sebuah sekolah yang sangat elit. (Hmm, heran juga kenapa mereka bisa diterima di sekolah sebagus itu padahal mereka adalah  troublemaker di sekolah lama mereka😦. Bagaimana juga mereka membiayai sekolah mereka di sekolah untuk para orang kaya begitu? Mungkin sekolah di sana gratis kali ya🙂. Tapi sudahlah. Tak usah terlalu dipikirkan!  )

shut up flower boy band7

Di sekolah baru inilah konflik akan dimulai. Ada ‘Strawberry Fields’ band sekolah pimpinan Seung-hoon (), yang bisa dibilang pangerannya sekolah, yang akan jadi saingan Eye Candy. Karena ini melibatkan kehidupan remaja, tentu tak menarik kalau tak melibatkan cinta. Ada Soo-ah (), cewek manis yang sejak pertama ketemu langsung jadi sumber inspirasinya Byung-hee. Masalahnya, Soo-ah ini adalah cinta terpendamnya Seung-hoon. Soo-ah dan Seung-hoon sendiri adalah sahabat sejak kecil. Di sisi lain, Soo-ah sepertinya justru lebih tertarik pada anggota Eye Candy yang lain, Ji-hyuk. Jadi, masalah Eye Candy bukan hanya karena saingan nge-band, tapi juga saingan ngrebutin cewek. Hmm, sedikit klise sih…

Tapi tenang kok, karena banyak bagian yang nggak digarap klise. Cerita sendiri nggak akan terlalu ngekspos kisah cinta-cintaannya, tapi lebih pada jatuh bangunnya Eye Candy. Apalagi kemudian, Byung-hee, sang leader (maaf, spoiler!🙂 ), meninggal secara tragis (hiks, sedih saya karena saya suka banget karakter Byung-hee di sini yang meski freak tapi menarik😦 ). Ji-hyuk cs pun berusaha mempertahankan Eye Candy dan ‘membawakan lagu Byung-hee pada dunia.’

Seung-ah, the heroine

Soo-ah, the heroine

Tapi itu tak mudah. Ketika mereka beranjak eksis, masalah demi masalah bermunculan. Ego-ego personel siap menghancurkan band mereka. Di sisi lain, mereka juga harus berkompromi dengan industri musik yang seringkali lebih mementingkan komersialitas. Di sinilah, para anggota band ditantang apakah ‘mengalah’ atau tetap bertahan dengan idealisme mereka.

Love their romance

Love their romance

Bagi penggemar drama Korea yang lebih senang pada cerita-cerita romantis, mungkin drama ini tak akan terlalu memuaskan karena romantismenya sedang-sedang saja. Tapi bagi saya sendiri, saya cukup puas dengan drama ini. It’s about band story, dan saya pikir digarap dengan baik. Pemorsian ceritanya pas dan berimbang. Masing-masing personel Eye Candy punya karakter kuat dengan segala kelebihan dan kekurangannya dan dieksplore dengan cukup. Meski menurut saya jiwa rocker-nya masih lemah. Saya pikir, cuma Ji-hyuk, Byung-hee dan Dong-il yang punya jiwa rocker di drama ini, sementara yang lainnya lebih kayak anak boyband😦 , tapi it’s okay. Toh ini adalah cerita tentang rock band anak-anak sekolahan yang masih harus berkompromi dengan banyak hal. Pendeknya, saya suka drama ini. It’s good drama.

Note:

shut up flower boy band4

yang jadi Dong-il, drummer-nya Eye Candy, memang beneran anak band, Mate, di mana dia memang drummernya. Pantes sih dia yang memang paling kelihatan paling mantap main musiknya🙂

Cast:
– Kwon Ji-hyuk
L () – Lee Hyun-soo
– Jang Do-il
  -Kim Ha-jin
– Seo Kyung-jong
– Joo Byung-hee
– Yoo Seung-hoon
– Im Soo-ah
– Ye-Rim

Kwak Jung-wook – Jung Ma-ro (band Strawberry Fields)
Kim Hyun-joon – Park Pyo-joo (band Strawberry Fields)
Jung Ji-ahn – Jo Deo-mi
Ma Dong-seok – Shil Ba
Kim Jung-min – Bang Woo-kyung
Kim In-seo – Yoo Hae-ri (kakanya Seung-Hoon)
Kim C – Rock Kim

Judul Lain: Dagchigo Kkochminambaendeu (닥치고 꽃미남밴드 )
Sutradara:
Penulis: Seo Yoon-Hee
Tayang: tvN, 30 Januari-20 Maret 2012
Episode: 16

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: