Beranda > Film Barat > My Week with Marilyn

My Week with Marilyn

Saya ‘kenal’ Marilyn Monroe ketika saya masih sangat kecil, mungkin masih SD, ketika membaca artikel tentang dia di sebuah majalah perempuan dewasa di mana di situ disebut bahwa Marilyn Monroe adalah semacam sex symbol di Hollywood sana pada masanya. Dan meski waktu itu saya nggak paham sepenuhnya arti istilah tersebut, tapi saya berpikir kalau Marilyn Monroe itu artis yang ‘nakal’ dan saya mikir-mikir kalau mau nonton film dia. Pasti filmnya banyak melibatkan adegan-adegan seronok, pikir saya.

Collin

Collin

Suatu waktu, ketika kuliah, saya menemukan film Marilyn di cd rental. Judulnya, Seven Years Itch. Kalau diterjemahin: ‘Gatal 7 Tahun.’ Sebuah judul yang provokatif, tapi karena Mas Rental-nya promo kalau itu filmnya lucu, saya pun penasaran. Dan…ternyata benar apa yang dikatakan Mas Rental. Seven Years Itch ceritanya sama sekali tak seprovokatif judulnya, alih-alih sebuah film komedi yang cukup lucu. Marilyn memang berperan sebagai secama ‘perempuan yang menggoda’ (seperti tokoh-tokoh perempuan di film Warkop), namun menurut saya malah jauh lebih seronok (terutama dalam berpakaian) perempuan-perempuan di filmnya Warkop daripada peran Marilyn di sini. Dan sejak itu, imej saya tentang Marilyn Monroe pun berubah.

Karenanya, saya cukup penasaran ketika muncul film ini, ditambah lagi bintangnya adalah , yang beberapa kali belakangan, membuktikan kemampuan aktingnya yang cukup memukau (Brokeback Mountain, ).

My Week with Marilyn bercerita tentang suatu waktu yang dilewatkan seorang anak muda Inggris bernama Colin Clark. Colin, pemuda 23 tahun yang masih luntang-lantung. Dia adalah yang paling biasa di tengah keluarganya yang rata-rata jadi orang sukses. Hal yang membuatnya merasa tertekan. Di tengah rasa tak berarti inilah, dia melamar kerja di sebuah perusahaan film . Dia diterima meski cuma sebagai pegawai rendahan.

MIchelle Williams as Marlyn

MIchelle Williams as Marlyn

Ketika bosnya, Laurence Oliver hendak membuat film dengan mengundang bintang Hollywood yang sedang naik daun, Marilyn Monroe. Dan dalam rangka pembuatan film ini, Colin diangkat jadi asisten sutradara 3 oleh Oliver, hal yang membuat Oliver senang bukan main. Tidak hanya itu, karena kemudian dengan posisinya ini dia bisa melihat lebih dekat seorang Marilyn Monroe.

Di balik sosok bintang yang dielu-elukan, Colin melihat bahwa Marilyn adalah seorang perempuan rapuh yang seringkali merasa tertekan dengan popularitasnya. Dan karena Colin hanya ‘orang biasa’, Marilyn pun memberi kesempatan Colin untuk berada lebih dekat dengannya.

Emma Watson, si Hermione yang dapat peran sebagai Lucy. She's too worthed for that role :)

Emma Watson, si Hermione yang dapat peran sebagai Lucy. She’s too worthed for that role🙂

Yah, begitulah ceritanya. Mungkin tak terlalu istimewa. Tapi bagi yang ingin melihat bagaimana gambaran pribadi seorang Marilyn Monroe, silahkan lihat film ini karena ceritanya sendiri memang didasarkan pada semacam catatan harian pelaku nyatanya, Colin Clark.

Cast:
 – Marilyn Monroe
Eddie Redmayne – Colin Clark
– Laurence Olivier
– Lucy
– Sybil Thorndike.
Zoë Wanamaker – Paula Strasberg
Dougray Scott –  Arthur Miller

Sutradara: Simon Curtis
Produser: David Parfitt, Harvey Weinstein
Penulis: Adrian Hodges (based onThe Prince, The Showgirl and Me and My Week with Marilyn oleh Colin Clark)
Musik: Conrad Pope, Alexandre Desplat
Sinematografi: Ben Smithard
Editing: Adam Recht
Rilis: 9 Oktober 2011 (New York Film Festival)
Durasi: 101 menit
Negara: UK

Awards:
Academy Awards 2012:
– Nominasi Oscar untuk Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Kenneth Branagh), Best Performance by an Actress in a Leading Role

Golden Globes 2012:
– Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Comedy or Musical ()
– Nominasi: Best Motion Picture – Comedy or Musical, Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Motion Picture (Kenneth Branagh)

etc. (see in imdb.com)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: