Beranda > Drama Korea > The Musical

The Musical

Awalnya, saya agak underestimate sama drama ini begitu membaca sinopsis dan casting-nya.  main di drama bertema musikal? Dia kan bukan penyanyi….kenapa juga dia yang di-casting? Bukannya aktris yang punya latar belakang menyanyi, misalnya. Jang Nara, misalnya?

Ku Hye-sun yang main sebagai Ko Eun-bi yang terobsesi menajdi artis musikal. Her voice is not bad :)

Ku Hye-sun yang main sebagai Ko Eun-bi yang terobsesi menajdi artis musikal. Her voice is not bad🙂

Tapi okelah, saya coba juga untuk menontonnya. Ko Eun-bi (), adalah seorang mahasiswa kedokteran namun terobsesi untuk jadi artis musikal. Padahal, kelihatannya dia tak cukup berbakat. Suaranya somber, namun dia benar-benar merasa punya jiwa musikal. Hingga suatu hari, saat ia sedang menyanyi di tepi sungai Han, seorang cowok mabuk mengejeknya bahwa ia sebaiknya tak usah menyanyi karena ia tak berbakat. Panas oleh kata-kata itu, Eun-bi bukannya down, malah nekad cuti kuliah dan konsentrasi untuk jadi artis di teater musikal.

Daniel Choi, always cute in his own way

Daniel Choi, always cute in his own way

Ia melamar kesana sini, tapi tak pernah lolos casting. Hingga suatu hari, ia nekad nyamar ikut casting untuk peran cowok tapi…ketahuan! Dari tempat casting, ia ketemu Sa Bok-Ja, cewek yang mengaku baru pulang dari New York dan menawarkan diri untuk jadi guru musikal-nya Eun-bi. Saking terobesinya dengan musikal, Eun-bi percaya saja dan meneriwa tawaran Bok-ja sampai Bok-ja tinggal di apartemen yang sama.

The lucky girl Eun-bi yang dimentori komposer musikal ternama

The lucky girl Eun-bi yang dimentori komposer musikal ternama

Bok-ja ini kemudian juga yang akan ‘membawa’ Eun-bi berkenalan dengan Hong Jae-hee (), seorang penulis lagu musikal terkenal yang sudah beberapa tahun ‘rehat’ dari musikal setelah dibuat patah hati ceweknya, Bae Kang-Hee, artis musikal yang ambisius.

Bok-ja mabuk di tempat Jae-hee dan Jae-hee menelpon Eun-bi. Ketika Eun-bi menjemput Bok-ja, di tengah perkenalan, ia mengungkapkan impiannya untuk jadi artis musikal dan Jae-hee kemudian meminta Eun-bi mencoba menyanyi sementara ia mengiringi dengan piano. Dan Jae-hee pun terpukau. Well, pada detik ini, saya juga ikut terpukau. Menurut saya, adegan ini cukup dapet. Suara Eun-bi tak somber lagi dan duetnya dengan Jae-hee terasa enak didengar.

Yoo-jin, the 2nd man

Yoo-jin, the 2nd man

Eun-bi membuat lirik lagu cerita tentang impiannya, bagaimana seorang cowok mabuk mengejeknya dan kemudian malah membangkitkan semangatnya. Jae-hee baru sadar, Eun-bi baru sadar: keduanya pernah bertemu di pinggir Sungai Han.

Keduanya langsung merasa nyambung. Jae-hee pun kemudian menawari untuk mementori Eun-bi. Siapa yang bisa menolak dimentori orang yang demikian terkenal di musikal? Pada titik ini, saya bisa menerima kenapa mereka bisa begitu cepat dekat: they have the same passion about musical. Jae-hee tertarik sama Eun-bi karena ia menemukan passion yang sama soal musikal, hal yang sudah cukup lama ia kubur.

the musical (3)

Ya, berikutnya tentu akan ada cinta. Sebenarnya, saya berharap bagian ini lebih dibuat samar agak lama, tapi sepertinya si penulis cerita ingin segera menunjukkan kalau Jae-hee jelas-jelas jatuh cinta sama Eun-bi. Padahal, menurut saya akan lebih baik kalau Jae-hee sedikit ‘bermain’main’ dulu dengan Eun-bi. Karena dia kan seniman dan jauh lebih senior soal cinta daripada Eun-bi. Eun-bi sendiri, awalnya saya cukup menikmati wajah tersipu-sipunya dan kekikukannya setiap kali berusaha menyembunyikan kepolosannya. Tapi lama-lama melelahkan juga karena menurut saya, dia terlalu sok jaim merespon Jae-hee.

Sebagaimana cerita cinta, akan ada orang ketiga. Siapa lagi kalau bukan si-ex, Bae Kang-hee yang ingin balikan sama Jae-hee. Lalu juga ada Yoo-jin, si produser pertunjukan yang saklek yang kemudian akan suka sama Eun-bi. Yah, pada akhirnya memang akan lebih banyak konflik cintanya sih. Ada juga sedikit konflik keluarga, di mana keluarga Eun-bi, terutama ayahnya yang nggak setuju Eun-bi main musikal. Hehe, ya iyalah, disekolahin di kedokteran kok jatuhnya jadi artis musikal…orang tua mana coba yang nggak berang?

the musical (9)

Dan sedikit mengecewakan terutama di bagian ending yang membuat cerita yang awalnya cukup kuat mengusung tema musikal kemudian seolah hanya menjadi sekedar film bertema cinta (konon memang ada peng-cut-an episode karena persoalan rating yang mungkin juga bermasalah pada ending ini).

Well, pada akhirnya, saya nggak akan bilang drama ini buruk. Paling nggak, tak seburuk yang saya kira di awal. Meski begitu, juga bukan drama yang sangat mengesankan. Saya bisa menikmati, tapi di beberapa bagian saya juga sering merasa bosan.

 – Ko Eun-Bi
 – Hong Jae-Yi
 – Yoo Jin
 – Bae Kang-Hee
 – Seo Ra-Kyung

Park Kyeong-Rim – Sa Bok-Ja
Kim Hyun-Sung – Han Sang-Won
Oh Jung-Se – Goo-Jak
Kim Yong-Min – Joon-Hyuk
Kim In-Seo – Sang-Mi
Lee Do-Kyeong – Eun-Bi’s dad
Jeong Yeong-Suk – Yang soon-Yi (Eun-Bi’s grandma)
Kang Ji-Hoo – Hyun Kwang-Seo
Cha Kwang-Soo – Yoo Jin-Young (Jin’s dad)
Ahn Yeo-Jin – Sun-Hee (Jin’s mom)
Park Keun-Hyeong – Company president Yoo (Jin’s granddad)

Judul Lain: Deo Myujikeol (더 뮤지컬)
Sutradara:
Penulis: Kim Hee-Jae
Tayang: SBS, September 2, 2011 — December 23, 2011
Episode: 15

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: