Beranda > Film Korea > Shiri

Shiri

Shiri (Swiri) adalah sejenis ikan di Korea yang hidup di air jernih, Coreoleuciscus splendidus,  meski mereka menyebar, pada akhirnya mereka akan berkumpul. Ini adalah semacam kiasan tentang hubungan dua Korea yang selalu tegang. Bahwa mereka sebenarnya bersaudara dan impiannya adalah pada akhirnya akan berkumpul.

photo287-shiri

Shiri, di film ini kemudian dijadikan sandi rahasia para militan Korut yang menyusup ke Korsel menjelang piala dunia yang ditandai dengan ide perdamaian dua Korea.

Seorang agen perempuan dikirim jauh-jauh hari sebelumnya, Bang-hee, yang kemudian berubah menjadi Myung-hyun (). Myung-hyun berhasil memikat agen Korsel, Jong-won ( ), tanpa curiga. Setahun mereka menjalani hubungan sebagai sepasang kekasih dan mengatakan akan segera menikah sebulan lagi.

photo282-shiri

Namun hal aneh muncul ketika kemudian operasi-operasi yang akan dilakukan pihak Jong-won selalu bocor. Kecurigaan pun mengarah pada Myung-hyun. Menjelang puncak acara, militan Korea Utara berhasil masuk dan mencuri CTX, semacam bom cair yang sangat berbhy dan kemudian memasangnya di stadion, dimana pertandingan digelar dan dua presiden sedang berkumpul.

Jong-won akhirnya tahu siapa pacarnya setelah menemui seorang gadis penyakitan bernama Myung-hyun yang identitasnya dicuri Bang-hee setelah operasi plastik. Di hari H, bom nyaris meledak tapi Jong-won bersama rekannya, Jang-gil (),  berhasil menjinakkan bom.

Bang-hee yang duduk di bangku bersiap menembak presiden, Jong-won datang, menembaknya. Bang-hee tewas dengan berlinang air mata. Dari penyelidikan, diketahui ia sedang hamil. Pulang ke toko ikan milik kekasihnya, Jong-won menemukan pesan Bang-hee sebelum pergi, agar ia menolongnya. Tapi, semuanya sudah terlambat, bukan? Aargh….kisah cinta yang benar-benar membuat saya merinding.

photo285-shiri

It’s so tragic…Korea ini memang bissaa..saja bikin cerita. Pantes sih kalau film ini banyak dibicarakan. Bukan hanya ceritanya yang memukau, tapi dari segi sinematis menurut saya juga digarap dengan baik. Dunia per-agenan terlihat meyakinkan. Dan balutan romance-nya adalah sentuhan khas Korea yang membuat film ini terasa berbeda dari film-film tentang spy manapun. Two thumbs up! (meski dengan bercucuran air mata, hiks  :) )

Cast:

, Yu Jong-won (agen Korsel)
,Lee Myung-hyun / Lee Bang-hee (agen Korea)
,  Park Mu-young (pimpinan teroris Korut)
, Lee Jang-gil (agen Korsel, teman Jong-won)

Judul Korea: Swiri
Sutradara:
Produser: Byeon Moo-Rim, Lee Kwan-Hak
Penulis:
Musik: Lee Dong-Joon
Sinematografi: Kim Seong-Bok
Editing: Park Gok-ji
Rilis: Korea Selatan, 13 Februari 1999
Durasi : 125 menit

Soundtracks:
– When I Dream – Carol Kidd
– Always You” – Jennifer Paige
– Mack the Knife – Lou Christie

Awards;
Asia Pasific FF 1999:
– Penghargaan Best Editing (Park Gok-ji) dan Special Jury Award (Kang Je-gyu)
– Nominasi Best Film (Byun Moo-rim)
Awards of the Japanese Academy 2001:
– Nominasi Best Foreign Film
Grand Bell Awards 1999:
– BestNew Artis (Kim Yun-jin)

Note:

iris3
Menyusul kesuksesan Shiri, tahun 2009, dibuat versi dramanya, Iris yang dibintangi sama aktor kawakan Lee Byung-hun dan Kim Ta-hee juga T.O.P yang cukup sukses. Iris the movie kemudian dirilis tahun 2010 dan konon Iris 2 juga dibuat melanjutkan drama pertama. Masih berkaitan dengan Iris, dibuat juga Athena: Goddess of War, dibintangi Jung Woo-sung, Cha Seung-won, Soo Ae, and Lee Ji-ah.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: