Beranda > Drama Korea > 49 Days

49 Days

Awalnya, drama ini tak masuk dalam list wajib tonton saya. Meski sudah beberapa kali lihat di lapak, tak tertarik untuk membeli apalagi menonton. Sepertinya bukan drama yang menarik. Kesannya terlalu suram. Hingga suatu sore, di waktu senggang, iseng saya nonton tivi yang kebetulan sedang menayangkan episode pertama  . Yang pertama menarik perhatian saya adalah para pemainnya yang ternyata cukup menyegarkan mata (di jajaran cowok terutama🙂 ). Kedua,ceritanya ternyata sepertinya menarik. Pada episode pertama saja, sudah banyak teka-tekinya yang bikin penasaran.

49

Cerita diawali dengan cerita yang sangat bahagia (sudah bisa dipastikan jika awal cerita seperti itu, maka selanjutnya pasti akan banyak terjadi hal-hal menyedihkan). Shin Ji-hyun ()  anak tunggal seorang presdir perusahaan yang kaya raya, Orangtua Ji-hyun sangat menyayanginya. Sifatnya ceria, ceroboh dan naif.

49 days23

Di hari yang cerah, Ji-hyun bertunangan dengan kekasihnya, Kang Min-ho ()yang tampan dan juga orang kepercayaan ayahnya. Semuanya nampak sempurna. Ji-hyun dan Min-ho nampak benar-benar bahagia dan saling mencintai. Ada juga dua teman baik Ji-hyun, Seo-woo dan In-jung () yang sepertinya juga sahabat yang tulus. Lalu Han-kang (), teman sekolah Ji-hyun, junior Min-ho yang nampaknya memendam rasa sama Ji-hyun. What a lucky girl Ji-hyun! Tidak hanya itu, karena sang ayah kemudian mengatakan bahwa mereka sebaiknya menikah secepatnya. Hal yang membuat Ji-hyun senang tapi sepertinya agak mengejutkan bagi Min-ho (hmm, ada apa dengan Min-ho?)

49 days2

Di sudut lain, ada seorang perempuan yang nampak tak punya semangat untuk hidup. Ia menghabiskan waktu dengan menjaga toko tengah malam, tidur dan makan mi instan. Ia terlihat selalu sendirian dan menyedihkan. Lalu suatu hari, ia berjalan ke jalan raya dan berdiri di tengah-tengah jalan, siap untuk bunuh diri. Namun usaha itu gagal. Ia selamat.

49 days4

Tapi, kejadian itu menyebabkan kekacauan lalu lintas. Mobil bertabrakan karena saling me-rem mendadak. Di saat itu, Ji-hyun sedang mengendarai mobilnya usai fitting baju pengantin. Nah, di sini saya mulai penasaran karena beberapa waktu sebelumnya, diperlihatkan Ji-hyun begitu cerita ketika fitting baju tapi kemudian ia nampak muram ketika menyetir mobilnya. Kenapa? Apa yang terjadi?

Ia nampak kurang konsentrasi dan sebuah sepeda motor menyalip, Ji-hyun kaget dan kehilangan keseimbangan lalu, brak!! Kecelakaan pun terjadi. Ji-hyun terlempar ke tanah. Suasana nampak tenang ketika dia bangkit tanpa cacat apapun. Matikah ia? Seseorang menghampirinya. Cowok keren pengendara sepeda motor yang sudah beberapa waktu berdiri di pinggir jalan itu seolah menunggu dan ia memperkenalkan diri sebagai: malaikat maut. Bahasa kerennya: Scheduler.(). Ji-hyun melihat dirinya mengalami kecelakaan di dalam mobil. Matikah ia?

The cutest scheduler in the world :)

The cutest scheduler in the world🙂

Ji-hyun pun menangis. Masih banyak hal yang ingin ia lakukan, karenanya ia belum siap untuk mati. Scheduler pun akhirnya mengatakan kalau ia akan diberi kesempatan selama 49 hari lagi. Jika ia bisa mengumpulkan 3 tetes air mata dari 3 orang yang tulus mencintainya, maka kemungkinan ia akan diberi kesempatan lagi. Syaratnya, air mata itu bukan dari orang yang punya hubungan darah dengannya. Di tambah lagi, ia tak boleh muncul sebagai Ji-hyun tapi meminjam jasad orang lain. Jasad yang dipilihkan untuk Ji-hyun adalah jasad si cewek tak punya semangat hidup, Song Yi-kyung () yang menghabiskan separuh waktunya untuk tidur. Kenapa Song Yi-kyung? Scheduler bilang kalau segala sesuatunya saling berhubungan. Yah, pada akhirnya, ternyata semuanya memang memiliki keterhubungan.

Awalnya, Ji-hyun sangat percaya diri bahwa itu hal yang mudah. Ia percaya ada begitu banyak orang yang mencintainya: Kang Min-ho, dua sahabatnya…tapi kemudian ia menemukan kenyataan pahit: orang-orang yang ia pikir mencintainya ternyata adalah orang-orang yang tidak tulus. Dan juga sebaliknya, ia menemukan bahwa orang yang ia pikir tak perduli padanya justru diam-diam dengan tulus mencintainya. Maka menjadi tak mudah baginya untuk mendapatkan 3 tetes air mata selama 49 hari.

49 days2Z

Menarik bukan? Meski ceritanya agak-agak tak masuk  akal, tapi justru di situlah uniknya. It’s about a  second chance. Memang cukup banyak diwarnai cucuran airmata, tapi tenanglah, nggak akan jadi cerita yang muram kok. Dan tentu saja, seperti kebanyakan drama Korea, full of romance. Tapi cerita romance-nya nggak klise kok. Ada cinta beberapa segi seperti biasa, tapi dari beberapa tokoh sekaligus dengan cerita cintanya sendiri-sendiri tapi tetap berkaitan.

49 days2GY

Yang sedikit mengusik adalah cerita di ending. Ketika diketahui bahwa Yi-kyung ternyata adalah anak yang hilang (maaf, sedikit spoiler) dan tak urung membuat saya mengeluh, aduh, kok jadi agak sinetron sih? Yah, memang senang melihat Yi-kyung ternyata tak sebatang kara, tapi saya pikir, ada pilihan cerita yang lebih ‘berkelas’ untuk membuatnya hidup bahagia. Lagipula, kenapa juga soal missing child itu baru dibahas di ending, sehingga seolah cuma tempelan cerita saja? Akh…tapi ya sudahlah. Saya pikir itu hanya cacat kecil drama ini karena overall, cerita drama ini sangat memuaskan, kok🙂

Cast:
 – Song Yi Kyung
– Shin Ji Hyun
– Han Kang
 – Kang Min Ho
– Scheduler / Song Yi Soo
 – Shin In-jung

Kim Yoo-bin  – Ji-hyun muda
Choi Jung-woo – Shin Il-khik (ayah Ji-hyun)
Yoo Ji-in – ibu Ji-Hyun
Bae Geu-rin – Park Seo Woo
Kang Sung-min -No Kyung-bin
Ban Hyo-jung – sunbae Scheduler

Produser: Choi Moon-suk
Sutradara:  
Screenwriter: So Hyun-kyung
Judul Lain: 49 Il
Episode: 20
Tayang: SBS, 2011-Mar-16 to 2011-May-19

Notes:

Aih, Korea ini memang paling bisa bikin cerita romance yang membuat kita termehek-mehek :)

Aih, Korea ini memang paling bisa bikin cerita romance yang membuat kita termehek-mehek🙂

Dari beberapa kisah cinta yang ada di 49 Days, saya paling suka sama kisahnya Yi-kyung & Yi-soo, meski endingnya sedih. Tapi si pembuat drama ini benar-benar mampu memvisualisasikan kisah cinta mereka yang indah, meski cuma kilasan-kilasan flashback yang ambil porsi sedikit di drama ini. Tapi it’s so believable bahwa mereka begitu saling mencintai dan masuk akal jika kemudian Yi-kyung begitu terpukul dengan kepergian Yi-soo.

(Pics source: dramabeans.com)

  1. mutiara
    Januari 5, 2012 pukul 9:06 am

    heeeemmmmm………aku jadi penasaran kisah cinta mereka……………….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: