Beranda > Etcetera > Tempat Nonton: LIP Jogja

Tempat Nonton: LIP Jogja

Salah satu tempat saya nongkrong untuk nonton film gratisan adalah LIP: Lembaga Indonesia Perancis. Letaknya sangat strategis (bagi saya, karena dekat dengan kosan🙂 ) : Sagan.

Seminggu dua kali, LIP mengadakan pemutaran film gratis. Film-filmnya, kebanyakan memang film-film Perancis. Kadang juga diputar film luar Perancis, tapi seringnya didubbing pake bahasa Perancis (pernah ada film Cina yang didubbing pakai bahasa perancis dan bikin saya terkekeh-kekeh). Kadang juga filmnya nggak ada transletan bahasa Inggrisnya dan bikin saya yang nggak mudeng bahasa Prancis cuma menebak-nebak (Biasanya film-film baru yang mungkin nggak box office di Prancis).

Nonton di LIp membuat saya sedikit banyak belajar budaya Perancis melalui film-filmnya. Juga bahwa oh, film Perancis itu begini, beda ya sama film Hollywood…

Yah, Perancis memang dikenal memanfaatkan lembaga luar negerinya buat promosi budaya dan bahasa. LIP merupakan tempat kursus Bahasa Perancis. Selain tempat kursus, ada juga cafe, galeri kecil dan auditoriumnya. Selain buat pemutaran film, sekali waktu, di auditorium diadakan berbagai pentas. Teater, musik…bisa yang lokalan tapi nggak jarang juga para seniman internasional. Dan yang jelas, seringnya gratisan. Jika pun bayar, biasanya juga sangat murah. Tapi jangan khawatir soal kualitas deh.

Fasilitas menonton di LIP sedikit lebih mewah daripada di BBY  (Bentara Budaya Yogyakarta) karena ada tempat duduk kayak di bioskop dan di ruang tertutup, ber-ac pula. Penonton di LIP juga biasanya nggak banyak. Pernah saya cuma berdua teman saya. Tapi kalau filmnya terkenal, biasanya penonton cukup banyak.

Salah satu film Perancis yang berkesempatan saya tonton di LIP

Setiap bulan, LIP mengeluarkan katalog yang berisi jadwal film2 yang bakal diputar sebulan ke depan, berikut acara-acara yang akan diadakan di LIP. Kalau di katalog filmnya sepertinya bagus, saya dan teman saya biasanya bela-belain nonton. Kadang hujan pun bela-belain datang. Salah satu film yang berkesan bagi saya adalah kisah Antoine Doinel-nya Francois Truffaut (dimana coba bisa nonton film ini sekarang?).

Setahun sekali ada Festival Sinema Prancis yang biasanya muter film bagus plus gratisan🙂

LIP juga suka mengadakan pemutaran-pemutaran film khusus seperti di bulan-bulan tertentu. Kadang LIP juga muter serentetan filmnya sutradara ini atau itu…Setahun sekali LIP juga bikin acara festival film Perancis. Isinya film-film Perancis terbaru yang box office. Terakhir, saya nonton FFP yang diadain di 21, tiketnya gratis pula (tapi harus cari tiketnya jauh-jauh hari). Eih. Mantap pokoknya…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: