Beranda > Dorama > Nodame Cantabile (TV Drama)

Nodame Cantabile (TV Drama)

Saya memang sudah cukup terlambat nonton dorama ini. Euforianya pun sudah lama lewat (dorama ini dibuat tahun 2006). Masalahnya, waktu mau nonton pas booming-nya dulu, saya kesulitan mendapatkan cd-nya. Pernah juga waktu ada pemutaran filmnya di Pekan Film Jepang yang diadain Jurusan Sastra & Bahasa Jepang di kampus, karena satu dan lain hal saya nggak bisa nonton😦

Nodame, yang punya karakter ajaib :)

Nodame, yang punya karakter ajaib🙂

Ya sudah. Akhirnya saya pun ‘melupakannya’ hingga beberapa waktu lalu, pas saya ngubek-ubek cd di lapak, nemu dorama ini dan memutuskan untuk beli. Pun nggak langsung saya tonton karena penasarannya sudah menguap. Tertumpuk saja di koleksi cd dan mikir untuk nonton kapan-kapan kalo sempat saja.

Beberapa hari lalu, waktu mikir pengin nonton drama yang ringan dan menghibur, saya kepikiran untuk nonton dorama ini. Apalagi serinya juga nggak terlalu panjang. Dan mulailah saya nonton Nodame Cantabile.

Chiaki yang frustrasi karena nggak bisa ke luar negeri

Chiaki yang frustrasi karena nggak bisa ke luar negeri

Awalnya saya agak kurang bisa menikmati, karena genre-nya terlalu Jepang dimana karakter-karakternya terkesan begitu komikal. Tapi karena ceritanya semakin menarik plus musiknya yang enak didengar plus &  yang enak dilihat (^,^) saya malah nggak bisa berhenti nonton😀

Shinichi Chiaki () punya impian untuk jadi konduktor hebat. Dia punya segalanya: dukungan finansial, bakat, kemampuan dan hasrat bermusik…tapi satu hal yang membuat impiannya sulit diwujudkan: ketakutannya naik pesawat terbang! Yups, Chiaki punya phobia naik pesawat dan juga phobia air! Padahal, jalan yang harus dilaluinya untuk menggapai mimpi adalah belajar ke luar negeri (impiannya adalah bejalar pada maestro idola masa kecilnya, Sebastian Vieira di Praha). Maka dengan segala ‘kesempurnaan’ yang dimilikinya, Chiaki cuma terjebak (dengan perasaan sangat tertekan) di sebuah akademi musik Momogaoka dimana ia belajar piano (dengan murid dan guru yang dianggapnya payah). Parahnya, di sini bakatnya juga tak bisa berkembang dengan baik dan impiannya jadi konduktor pun nyaris pupus.

Hahaha....

Hahaha….

Di akademi yang sama (sekaligus tetangga apartemen) adalah Noda Megumi/Nodame ( ) murid jurusan piano. Nodame punya bakat alam yang besar dalam bermain piano (Nodame bisa memainkan sebuah lagu hanya dari satu dua kali dengar). Tapi berbeda dari Chiaki yang punya impian besar, impian Nodame tak muluk-muluk. Nodame hanya ingin jadi guru TK. Nodame juga bermain musik untuk diri sendiri dan dia nggak bisa baca partitur. Di sisi lain, Nodame ini punya sifat yang ajaib serta joroknya minta ampun (jarang mandi, jarang keramas, kamarnya kayak sarang tikus), rakus (suka mencuri bekal makan siang teman)…

Siapa yang gak jatuh cinta diperlakukan cowok care kayak begini ^-^

Siapa yang gak jatuh cinta diperlakukan cowok care kayak begini ^-^

Awalnya, meski satu sekolah, Nodame dan Chiaki ini nggark saling kenal. Hingga suatu hari, Chiaki mendengar permainan piano Nodame yang unik dan merasa terpukau. Meski berantakan, tapi permainan Nodame sempurna. Malamnya, Nodame mendapati Chiaki di depan pintu apartemennya, mabuk berat karena frustasi dengan masa depan impiannya (mungkin phobia terdengar sepele, tapi bagi yang pernah merasakannya (seperti saya), you know how it feels…benar2 bisa bikin depresi! :D). Karena nggak tahu mau di bawa kemana, Nodame pun membawa Chiaki ke kamarnya. Dan Chiaki terkejut bukan main ketika bangun esok harinya dan mendapati dirinya tertidur di atas tumpukan sampah. Yeah, kamar Nodame ini memang benar-benar seperti gudang sampah😀

PDVD_052

Sejak itu, mereka pun mulai ngeh kalau mereka tetanggaan dan komunikasi pun terjalin. Apalagi, kemudian Chiaki diminta main piano bareng Nodame sekaligus mementori Nodame. Meski awalnya kacau, akhirnya Chiaki berhasil mengimbangi permainan moody Nodame. Hal yang kemudian bikin Nodame naksir berat Chiaki. Apalagi kemudian Chiaki selalu berbaik hati membersihkan kamar atau mengeramasi Nodame (karena nggak tahan jorok🙂 ) hingga memberi suaka makan enak di rumahnya. Chiaki, yang selama ini selalu sendirian, sepertinya juga merasakan kehadiran Nodame dengan sifat ajaibnya, meski kadang annoying, tapi juga menjadikan hari-harinya lebih ramai dan hangat.

Hmmm, kalo konduktornya sekeren ini sih pasti banyak yang nonton :D

Hmmm, kalo konduktornya sekeren ini sih pasti banyak yang nonton😀

Dua orang yang berbeda sifat ini kemudian akan saling mengisi dan men-support dalam menggapai mimpi-mimpi mereka. Kehadiran Nodame membuat Chiaki berani mengatasi phobianya, dan kehadiran Chiaki membuat Nodame berani untuk bermimpi lebih tinggi. Di sekeliling mereka, akan ada karakter-karakter unik pecinta musik:

 

Mine Ryutaro, si pemain biola rock n roll :)

Mine Ryutaro, si pemain biola rock n roll🙂

* Mine Ryutoro (), pemain biola bergaya rocker yang awalnya benci musik klasik karena penuh dengan aturan. Mine tinggal bareng ayahnya, Pak Mine, pemilik kedai makan dekat kampus yang akan selalu mendukung apapun yang dilakukan anaknya (seneng banget melihat hubungan Mine dan ayahnya ini). Sejak awal ketemu Nodame, Mine langsung merasa cocok (mungkin karena gaya musik mereka yang sesuka hati, hihi). Awalnya Mine sebel sama Chiaki yang dielu-elukan seluruh kampus (biasalah, sentimen cowok🙂 ). Tapi akhirnya mereka malah jadi temen baik setelah Chiaki membantu Mine waktu ujian.

* Miki Kiyora (, dia yang jadi Eri di ) pemain violin juga. Kiyora ini sangat berbakat dan jadi master orchestra di A-Oke, orchestra no 1 di kampus. Dan impiannya adalah kembali ke Vienna dan jadi pemain solo di sana. Selain itu, Kiyora ini juga sangat baik. Dia adalah teman curhatnya Masumi-chan yang gay.

 

Miki Kiyora, violinist cantik, berbakat dan baik hati

Miki Kiyora, violinist cantik, berbakat dan baik hati

* Okuyama Masumi, biasa dipanggil Masumi-chan sama teman-temannya. Karena biarpun cowok dengan tampang agak garang (rambut kribo habis), dia memang kecewek-cewekkan. Dia adalah pemain timpani dan naksir berat sama Chiaki. Ketika tahu kalau Nodame sering jalan sama Chiaki, Masumi sebel banget dan berniat mencelakai Nodame. Tapi pada akhirnya, ia dan Nodame juga jadi teman baik.

Masumi-chan, yang naksir berat Chiaki, wkkk

Masumi-chan, yang naksir berat Chiaki, wkkk

*Saku Sakura pemain contrabass. Awalnya Sakura ini mainnya parah banget karena jarang latihan. Waktuna habis untuk kerja sampingan untuk biaya sekolahnya. Keluarganya jatuh miskin karena ayahnya gila mengkoleksi biola mahal dan awalnya nggak setuju Sakura memilih contrabass daripada biola.

*Franz Strezemann/ Milch Holstein (Takenaka Naoto, ternyata dia pernah main bareng sama  di  yang main jadi bapak-bapak aneh penggila musik jazz) . Strezemann adalah seorang maestro musik terkenal dari Jerman tapi punya tabiat buruk: cabulnya minta ampun. Meski sudah tua, kebiasaannya adalah menggodai para perempuan cantik. Namun begitu, ia datang ke Momogaoka dengan sebuah misi. Dan pada akhirnya, ia lah yang akan berperan banyak dalam membantu Chiaki dan Nodame untuk mewujudkan mimpi mereka.

Maestro cabul Franz Strezemann :)

Maestro cabul Franz Strezemann🙂

Dipertengahan seri juga akan muncul tokoh-tokoh baru: Kuroki (pemain oboe), Kikuchi (cello) dan Kimura (violin). Kikuchi dan Kimura nggak akan diekspos terlalu banyak, tapi Kuroki yang pemalu tapi berbakat, bakal naksir Nodame🙂

PDVD_197

Well, setelah nonton drama ini, saya pun paham kenapa Nodame Cantabile bisa booming banget. Memang, Nodame Cantabile adalah sebuah dorama yang sangat semarak, dengan musik berkelas dan cerita yang sangat menghibur!🙂

Cast:
– Noda Megumi / Nodame
– Chiaki Shinichi

– Mine Ryutaro (Violin)
Koide Keisuke – Okuyama Masumi (Timpani)
– Miki Kiyora (Violin)
Saeko – Saku Sakura (Contrabass)
Uehara Misa – Tagaya Saiko (Vocal)
Endo Yuya – Okochi Mamoru (konduktor no 2)

Takenaka Naoto – Franz Strezemann (Milch Holstein)
Kichise Michiko – Elise
Ibu Masato– Mine Tatsumi
Nishimura Masahiko – Tanioka Hajime
Toyohara Kosuke – Eto Kozo
Shiraishi Miho – Eto Kaori

Fukushi Seiji – Kuroki Yasunori (Rising Star: Oboe)
Mukai Osamu – Kikuchi Toru (Rising Star: Cello]
Hashizume Ryo -Kimura Tomohito (Rising Star: Violin)

Penulis:  (manga)
Screenwriter: Etou Rin
Produser: Wakamatsu Hiroki, Shimizu Kazuyuki
Sutradara: Takeuchi Hideki, Kawamura Yasuhiro, Tanimura Masaki
Musik:
Tayang: Fuji TV, 16 Oktober 2006-25 Desember 2006
Episode: 11

Awards:
Television Drama Academy Awards 2007:
– Best Drama
– Best Actress: Ueno Juri
– Best Director: Takeuchi Hideki
– Best Musical Arrangement: Takeuchi Hideki
– Best Opening: Hattori Takayuki
Seoul Drama Awards:
– Best Miniseries
– Best Director:Takeuchi Hideki
– Best Music

Notes:
– Nodame Cantabile adalah manga buatan  (lahir 35 Mei 1969). Serinya muncul di majalah Kiss yang (Juli 2001- Oktober 2009) dan dibukukan dalam 23 volume. Tahun 2004, menerima Kodansha Manga Award untuk best shōjo manga, tahun 2005 & 2008 mendapat rekomendasi juri di Japan Media Arts Festivals, serta nominasi Tezuka Osamu Cultural Prize tahun 2005 & 2006.

nodame anime2

– Konon Ninomiya membuat karakter Nodame terinpirasi dari karakter nyata yang ditemukan Ninomiya di web-nya (ya tentunya nggak seajaib Nodame lah🙂 ). Ninomiya kabarnya juga banyak konsultasi soal musik klasik sebagai bahan nulisnya dengan Noda asli ini. Noda asli ini kemudian menjadi guru di Fukuoka (kampung halaman Nodame di cerita), berkolaborasi nuli Onara o Taisou bareng Ninomiya dan sepertinya dua orang ini jadi sahabat (sumber; wikipedia.org)

– Seperti kebanyakan dorama sukses lain, Nodame Cantabile juga membuat special episode-nya (2 episode). Dua episode spesial ini menceritakan Chiaki dan Nodame yang sudah berada di Eropa.

– Tahun 2007, juga dibuat seri animenya sebanyak 23 (+1) yang disutradarai oleh Ken’ichi Kasai. Season 2-nya, Nodame Cantabile: Paris Chapter (2008) dibuat 11 episode disutradarai oleh Chiaki Kon. Season 3 (final), mulai diputar Januari 2010. Sementara live-action filmnya dibuat tahun 2009 dan 2010: Nodame Cantabile The Movie I – Nodame Kantabire saishu gakusho – Zenpen (2009)
, Nodame Cantabile The Movie II –  Nodame Kantabire saishu gakusho – Gopen (2010) yang menceritakan suka duka Nodame dan Chiaki dalam menggapai mimpi mereka di Eropa.

– Konon Nodame Cantabile akan segera dibuat versi Koreanya dengan Joo Won sebagai pemeran utamanya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: