Beranda > Film Korea > Go Go 70s

Go Go 70s

, itulah hal yang membuat saya penasaran sama film ini. Sejak saya dibuat jatuh hati dengan aktingnya di Chunhyang,  dan Marathon, saya ingin sekali menonton film-film dia yang lain. Apalagi di sini dia main bareng , salah satu aktris papan atas juga (meski bukan aktris favorit saya :)) .

Jo Seung-woo, alasan utama saya pengin nonton film ini :)

Jo Seung-woo, alasan utama saya pengin nonton film ini 🙂

Seperti judulnya, film ini memang mengambil setting tahun ’70-an. Dan seperti di belahan dunia lain, tahun ’70-an adalah identik dengan  pop culture. Demikian juga dengan Korea Selatan. Di Incheon, yang merupakan base-nya tentara Amerika,
musik dari negara Paman Sam itu pun berkembang. Terutama soul, yang dibawa para tentara Amrik kulit hitam. Di sinilah kemudian The Devils terbentuk, yang diketuai oleh si vokalis Sang-gyu ().

Di Incheon, mereka selalu membuat antusias penonton ketika main di klub. Tapi kemudian mereka ingin menjajal kemampuan di Seoul dengan mengikuti sebuah kontes musik. Namun tak seperti di Incheon di mana soul sudah jadi tren, di Seoul, gaya bermusik mereka yang terlalu ekspresif, justru membuat penonton mengerutkan kening.

The Devils

The Devils

Di tengah kondisi politik yang masih panas dan jam malam mulai diberlakukan, seorang jurnalis yang terobsesi musik, mencetuskan ide untuk membuka klub malam Nirvana yang akan menampilkan band-band populer, salah satu yang diajak adalah The Devils. Setelah beberapa waktu, penampilan meriah dan seronok The Devils akhirnya mampu menggerakkan semangat anak-anak muda pengunjung Nirvana untuk ikut jejingkrakan.

Mimi,yang jadi pemuja Sang-gyu. Great acting of Shin Min-a.

Mimi,yang jadi pemuja Sang-gyu. Great acting of Shin Min-a.

Namun, ketenaran tentu tak akan seterusnya bertahan. Beberapa masalah kemudian muncul. Musik  mereka yang seronok dianggap nggak sesuai dengan ‘moral bangsa’ oleh pemerintah yang berkuasa saat itu (mirip-mirip kasus di Indonesia juga ya), nggak boleh main lagi. Di sisi lain, konflik antar personil di band pun mulai muncul.

Cha Seung-woo yang main bagus sebagai Man-sik

Cha Seung-woo yang main bagus sebagai Man-sik

Hmmm, setelah hampir dua jam berlalu dan akhirnya menyelesaikan film ini, saya hanya bergumam: oh, begitu. Cukup. Saya nggak merasa kecewa, tapi juga nggak puas-puas amat. Saya memang nggak punya banyak ekspektasi waktu hendak nonton film ini, kecuali pengin lihat akting . Seperti filmnya, saya nggak merasa kecewa lihat akting dia, tapi juga nggak terlalu puas. Bahwa ternyata suara dia keren (hal yang membuat saya berpikir, kenapa ya dia nggak rekaman seperti aktor/aktris lain yang kadang latah pengin jadi penyanyi? Idealis? ) , itu adalah hal yang mengesankan. Tapi peran dia sebagai leader di band, terasa kurang greget (meski juga nggak buruk). Ada Man-sik  (Cha Seung-wu) yang menurut saya karakternya cukup kuat dan seperti membayangi karakter Sang-gyu sebagai leader.

Jo Seung-woo really has good voice :)

Jo Seung-woo really has good voice 🙂

Masalahnya sih saya pikir nggak cuma karena akting, tapi ceritanya. Jujur, meski saya selalu menyukai film tentang musik, tapi musik di film ini membuat saya agak bosan. Menurut saya, musiknya terlalu jor-joran sementara dramanya kurang digarap, cerita hidup di balik layar hanya jadi serpihan-serpihan kecil yang nggak mendalam. Tadinya saya berharap akan ada sesuatu yang lebih mendalam dari hubungan Mimi () dan Sang-gyu, misalnya, tapi ternyata ya cuma segitu saja.  Memang, kesan rebel-nya bisa tertangkap dengan baik, tapi ya itu tadi, ceritanya agak  kering.

Cast:
, Sang-gyu
, Mimi

Cha Seung-woo, Man-sik
Cho Min-cheol, Dong-soo
Kwang-ho Hong, Joon-yeob
Jae-rok Kim, Recording Engineer
Min-gyu Kim, Kyeong-goo
Hyuk Poong Kwon, Music Salon President

Produser: Lee Eugene, Lee Tae-hun, Lee Yu-jin, Shin Bo-kyeong,
Musik: Bang Jun-Seok
Editing: Kim Jae-beom, Kim Sang-beom
Sutradara: Choi Ho
Sinematografi: Kim Byeong-seo
Rilis: October 2, 2008
Durasi: 118 minutes

Film Festivals:
– New York Asian Film Festival 2009
– Fantasia Film Festival 2009

Awards:
Dragon Film Awards  2008:
– Best Music (Jun-seok Bang)
Golden Cinematography Awards 2009:
– Best New Actor (Cha Seung-Woo)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

