Beranda > Film Korea > Acoustic

Acoustic

Film tentang musik, bagi saya selalu menarik untuk ditonton (meski saya nggak suka film musikal), dan itulah alasan saya pengin sekali nonton film ini. Dari judulnya saja sudah melibatkan istilah musik, saya pikir, wah…pasti musiknya keren nih. Mungkin semacam film tentang anak-anak band seperti ? Apalagi mengingat cast-cast-nya adalah anak-anak boy band sungguhan. Ada dari 2 AM,  ada dan Lee Jong-hyun dari CN Blue…

Well, tunggu dulu…benar ini memang film tentang musik, tapi ternyata tidak seperti yang saya bayangkan. Meski pemain-pemainnya adalah sosok-sosok populer (, ) dan dari band-band beraliran mainstream (2 AM, CN Blue), tapi bisa dibilang Acoustic adalah film indie dengan cerita yang nggak mainstream juga.

Se-kyung yang selalu melihat gambar brokoli

Se-kyung yang selalu melihat gambar brokoli

Acoustic sendiri dibagi jadi 3 potong cerita yang masing-masing cerita nggak saling berkaitan kecuali bahwa it’s all about music. Bagian pertama, ‘A Confession of Dangerous Broccoli’ mengisahkan seorang cewek bernama Se-kyung () yang penyakitan (dan hanya bisa makan mi instan), dan divonis umurnya nggak akan lama lagi. Dan sebelum kematian menjemputnya, ia ingin menulis lagu. Dia merasa terilhami seorang penulis lagu (saya kurang jelas namanya) yang menulis lagu 1 jam 12 menit sebelum dia meninggal.

PDVD_070

Se-kyung berpikir bahwa kematian semacam itu adalah kematian yang indah. Maka dengan bantuan sekelompok anak band, ia pun mulai mencurahkan hasrat bermusiknya. Menulis lagu tentang ‘brokoli’ yang absurd (lukisan yang tergantung di dinding rumah sakitnya adalah gambar brokoli).

Dua rocker gagal

Dua rocker gagal

Cerita kedua diberi judul ‘Bread Attack’ berkisah duo rocker kacau, si drummer Hae-won (() dan vokalis, Sang Won (), yang memutuskan untuk menjual gitar kesayangan karena nggak punya uang. Namun rencana jual gitar ini menjadi kacau karena Hae-won (Kang Min-Hyuk) yang agak bloon (peran Min-hyuk sebagai Hae-won di sini nggak jauh beda dengan perannya sebagai Joon-hee di  😦 ) yang ditugaskan mengantarkan gitar, malah meninggalkan gitarnya entah dimana karena tergoda roti di tengah jalan.

PDVD_170

Kekacauan ini kemudian membawa mereka bertemu tukang roti yang ternyata di masalalu adalah penyanyi legendaris (dia mengaku temenan baik sama  penyanyi legendaris Korea 🙂 )  dan hingga sekarang masih menyimpan passion bermusiknya.

Bagian ketiga berjudul ‘Unlock.’ Di sini kita diajak berkenalan dengan Jin-hee (), seorang cewek bertangan listrik yang selalu menyenandungkan sebuah lagu tentang kenangan masalalu yang dingatnya samar-samar. Kenangannya semakin terkuak ketika ia menjalin persahabatan dengan Ji-hoo (), seorang penjaga laboratorium.

Jin-hee yang selalu mendengar senandung masalalu

Jin-hee yang selalu mendengar senandung masalalu

Bagian ke-3 ini, awalnya membuat saya mengerutkan kening. Cerita apa sih ini? Kok ada tangan listrik segala? Kok latarnya suram sekali? Tapi semakin diikuti, saya semakin menemukan hal menarik dari film ini. Latar ceritanya adalah dunia masa depan. Tapi yang menarik adalah, alih-alih menggambarkan dunia masa depan sebagai dunia yang futuristik dengan teknologi serba canggih, dunia masa depan yang digambarkan di sini adalah dunia yang nampak usang dan poranda oleh perang (sekilas saya jadi ingat film Wall-E). Dan hal itu membuat saya berpikir, yah, bukan tak mungkin dunia masa depan adalah dunia semacam itu mengingat banyak manusia di atas bumi ini yang memang sudah gila untuk selalu membuat kekacauan. Sungguh dunia yang sangat menyedihkan! 😦

Dunia masa depan adalah dunia yang poranda oleh perang. Miris :(

Dunia masa depan adalah dunia yang poranda oleh perang. Miris 😦

Well, meski Acoustic nggak seperti yang saya bayangkan, saya cukup puas dengan cerita yang disuguhkan. Bukan sesuatu yang terasa ‘menyegarkan’ memang, tapi juga tidak membosankan. Dan untuk musiknya, memang juga tak luar biasa, tapi cukup enak didengar telinga.

Cast:
– Se-Kyung
– Ji-hoo
– Sang-Won
– Hae-Won
– Jin-Hee

Korean Title: Eokuseutik
Sutradara: You Sang-Hun
Rilis: Korea Selatan, 28 October 2010
Durasi: 90min.
Bahasa: Korea

Film Festival:
2010 (15th) Pusan International Film Festival – October 7-15 – Korean Cinema Today: Panorama *World Premiere

Iklan
  1. November 2, 2016 pukul 8:02 am

    link downloadnyaaa dong

    • November 15, 2016 pukul 6:35 am

      Maaf, gak punya. saya nontonnya dari CD soalnya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: