Beranda > Etcetera, Soundtrack > Musik Keren, Part 2

Musik Keren, Part 2

4. Loveholic (s)

Dengar Loveholic dari soundtrack drama Korea. Lupa sih soundtrack apa dan lagu yang mana. Yang jelas sering menemukannya di kumpulan ost. dan hampir semua lagunya enak didengar. Bernuansa rock akustik yang membalut alunan suara empuk Ji Sun, sang vokalis.

Coba browsing di internet tentang band ini, tapi sedikit banget info tentang mereka dalam bahasa Inggris. Dari informasi yang saya dapat, Loveholic awalnya dibentuk sama Kang Hyunmin dan Lee Jaehak (siapa kedua orang ini juga nggak ada infonya) tahun 2002. Lalu setelah buat audisi online, mereka rekrut Ji Sun sebagai vokalis. Album pertama mereka, Florist, rilis tahun 2003 yang berisi lagu-lagu yang udah pernah jadi soundtrack film atau drama.

Loveholic (viki.io)

Loveholic (viki.io)

Agustus 2004, album kedua mereka, Invisible Things keluar. Mereka juga makin populer ngisi soundtrack berbagai drama, salah satunya jadi Soundtrack Black Blood Brothers, Mirage.

Album ketiga mereka dirilis tahun 2006, Nice Dream dan album remake, Re-Wind. Sayang, tahun 2007, nggak tahu kenapa, Ji Sun sang vokalis ninggalin Loveholic dan memilih bersolo karier.

Sepeninggal Ji Sun, Loveholic ganti nama jadi Loveholics (hehe cuma nambah ‘s’ doang). Dan mereka nggak punya vokalis tetap, tapi vokalis tamu di setiap albumnya. Di satu sisi hal ini bagus sih biar nggak bosen, tapi mungkin di sisi lain bisa jadi mengurangi kekhasannya. Saya sendiri kurang bisa membedakan antara Loveholic (with Ji Sun) dan Loveholics sekarang.Ya semoga saja sih mereka akan terus eksis dan berkarya.

Jisun, eks vokalisnya Loveholic. Vokalnya asyik :)

Jisun, eks vokalisnya Loveholic. Vokalnya asyikšŸ™‚

* Ji Sun (Hwang Ji Sun, lahir 23 oktober 1979) setelah ninggalin Loveholic, merilis solonya, (Mermaidā€¦ Return Back Home) bulan February 2009. Ji Sun sendiri, sebelum gabung di Loveholic sering nyanyi di club dan vokalis band, Wizard band. Selama di Loveholic dan setelahnya, dia sering kolaborasi bareng sama band-band Korea kayak Epik High (Paris), jugaĀ Ā  (). Selain nyanyi, Ji Sun juga bisa memainkan alat musik gitar, bass, drum dan keyboard. Yah, meski saya masih merasa sayang kenapa dia ninggalin Loveholic, tapi berharap deh yang terbaik buat Ji Sun. I like her vocal dan gaya bermusik dia.

5. Dearcloud

Nuansa musiknya sih mirip-mirip Loveholic/s, tapi suara vokalisnya, Nine, yang agak-agak serak terdengar khas banget. Mengusung alternatif rock (mellow rock?), Dear Cloud (namanya enak banget diucapin)Ā terdiri dari lima orang: Nine (vocal), Yong Rin (guitar), Irang (bass), Jeong Ah (keyboard) dan Kwang Seok (drum). Hmm, lagi-lagi seperti band indie Korea lainnya, meski mereka cukup populer ngisi ost berbagai drama Korea, cukup sulit menemukan informasi tentang merekašŸ˜¦ Di album terbaru mereka, Take the Air, nuansanya terdengar lebih energik. Denger misalnya, Same Space, Sam Song As Before. Yang jelas mereka emang keren.

Dearcloud (pic taken from soompi forum)

Dearcloud (pic taken from soompi forum)

My Favorite Songs:
Same Space, Same Song as Before
The Attic is A Fond Memory
Fly Fly Fly

Albums
Dear Cloud, 2007
Grey, 2008
Take the Air

6. Humming Urban Stereo

Pertama kali dengar Humming Urban Stereo di ost-nya drama , ‘Coffee han jan uh ddae’ yang terasa ringan dan ceria. HUS dibentuk tahun 2004 di Seoul. HUS merupakan trio dengan musik bernuansa fusion (bossa nova, acid jazz, lounge dan house). Pendirinya adalah Lee Jareen, yang juga sebagai vokalis dan keybordis. (Lee Jareen juga terlibat proyek musik ‘Instant Romantic Floor’ bareng Sugar Flow, YesLow dan Brown Bunny/Lee Jareen).Ā  Di samping dia adalah dua vokalis cewek: Shina-E dan Humming-Girl (what a name! :)). Namun kadang-kadang juga mendatangkan vokalis tamu yang biasanya cewek.

Humming Urban Stereo (pic taken from: popseuol.files. wordpress.jpg)

Humming Urban Stereo (pic taken from: popseuol.files. wordpress.jpg)

Album pertama HUS adalah ‘Very Very Nice! and Short Cake’ yang dirilis tahun 2005. Lagunya yang paling populer adalah ‘Hawaiian Couple’ yang konon terjual sebanyak 500 ribu lewat dunlut (lagu ini juga jadi soundtrack film My Love, 2007).

Album kedua, Purple Drop, rilis tahun 2006, lalu album ketiga, Baby Love (2007) dan tahun 2008 merilis mini album lalu beberapa single di tahun 2010 dan 2011.

Menurut saya sih musik HUS ini banyak yang mirip-mirip jadi agak kurang khasnya.

to be continued…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: