Beranda > Etcetera, Soundtrack > Musik Keren, Part 1

Musik Keren, Part 1

Sebagai orang yang mengaku penggemar film dan drama Korea, tak urung saya ikut jadi penggemar musik mereka juga. Tapi silahkan histeris dengan para boyband dan girlband mereka (yang makin hari makin riuh saja), sementara saya memilih berdiri di belakang saja sambil senyum-senyum. Pertama, saya kurang suka dengan aliran musik yang mereka usung. Kedua, tampang  dan penampilan mereka kadang bikin saya sakit kepala😀 Saya lebih seneng dengerin lagu-lagu yang diusung beberapa band Korea (sebagian besar indie) yang lagunya seringkali nyelip di drama-drama Korea, yang menurut saya, seringkali keren banget. Sayangnya, cukup sulit mencari informasi tentang mereka di internet (mungkin karena pencariannya dalam bahasa Inggris dan saya nggak paham sedikitpun bahasa Korea. Mungkin juga karena label indie mereka yang membuat mereka nggak terlalu mentingin popularitas). Berikut beberapa indie band yang saya maksud dan sedikit informasi yang berhasil saya peroleh setelah ngubek-ngubek mbah google:

1.

Saya bukan penggemar lagu-lagu nge-beat, tapi  adalah pengecualian. Yang saya tahu pertama kali dari Clazziquai adalah . Waktu itu dengar  nggak sengaja  dari ngopi lagu Korea di Warnet. Judulnya Do soon eh, soundtrack-nya drama . Lagunya enak dan suara   juga keren banget. Saya kemudian tahu kalau   itu vokalis-nya Clazziquai, sebuah band beraliran acid jazz-elektronika Korea. Lalu saya dengar ost-nya . Dan, well,  saya benar-benar bisa menikmati lagu She is dan Be My Love.

Clazziquai Project

Clazziquai Project

Clazziquai sendiri beranggotakan 3 orang: DJ Clazzi,   dan Horan (suara Horan juga keren banget). DJ Clazzi punya nama lengkap Kim Sung-hoon, tamatan dari Capilano College sebelum kemudian ngelanjutin belajar di CDIS (Center for Digital Image). Dia sempat kerja sebagai web designer, dan suka upload musiknya di internet. Dari sinilah kemudian muncul Clazziquai Project. Pakai istilah ‘project’ katanya karena ini merupakan semacam kerjasama yang bersifat sementara buat ngerjain suatu proyek musik. Meski begitu, konon anggota Clazziquai, karena ini kerjasama dalam menciptakan musik, mereka akan tetap eksis (buktinya mereka masih eksis hingga sekarang).

Anggota yang lain, yang paling beken,   yang punya nama Korea Chu Hun-gon (gak tau  itu semacam nama baptis atau nama komersil aja), lahir 2 September 1979 (we born under the same sign🙂 ). Ia dan keluarganya berimigrasi ke Kanada ketika ia masih kecil. Lalu setelah besar balik ke Korea mulai bermusik. Punya modal Bahasa Inggris yang bagus, membuatnya fasih menyanyi, selain lagu-lagu Bahasa Korea juga Bahasa Inggris (dengan logat yang pas, nggak seperti kebanyakan penyanyi Korea yang logatnya kadang terdengar aneh :)). Belakangan,dia juga mulai menjajal dunia akting  kayak di Finding Love , Pasta atau Smile Dong Hae (tapi menurut saya   tetep jauh lebih keren kalau lagi nyanyi. suaranya benar-benar TOP!)

Christina Chu, kakaknya   awalnya jadi lead vocal-nya Clazziquai, tapi kemudian digantiin sama Horan hingga sekarang.

Whatever, saya pikir Clazziquai is one of Korean best music group dan semoga mereka tetap eksis dan terus menghasilkan karya-karya yang qualified.

Sumber: http:www.wikipedia.org

2. No Brain

Tahu No Brain setelah nonton film . Di film ini mereka berperan sebagai anak band EastRiver yang agak ‘gila.’ Dan di sana mereka bikin remake lagu rock jadul ‘Bi wa dang shin’ menjadi rock bernuansa punk yang keren banget. Coba dengerin lagu-lagu No Brain yang lain di Youtube dan well, rasanya nggak tahan pengin ikut teriak (meski nggak paham liriknya). Dengerin No Brain bener-bener bikin merasa ‘Oh damn, we are YOUNG so let’s SCREAM out LOUD!’…

No Brain (pic taken from: sparkplugged.net)

No Brain (pic taken from: sparkplugged.net)

No Brain dibentuk tahun 1996. Dan konon disebut-sebut sebagai one of biggest rock bands di Korea. Mungkin juga sebagai salah satu pelopor musik rock di Korea (musik rock nggak terlalu populer di Korea). Uniknya, meski sudah demikian populer, mereka tetap senang manggung di tempat-tempat kecil.

No Brain adalah: Bulldaegal  (Vokal), VOVO  (gitar), BBogle (Bas) dan Hyoonga (drum). Website mereka: http://nobrainpunk.com

Sumber: http:www.wikipedia.org

3.

Jatuh cinta sama gara-gara nonton  , film yang dibintangi bareng . Di sini mereka main sebagai diri mereka sendiri bareng Park Jung-a dan nyanyiin lagu-lagu yang asyik banget: Heart, Blue Eyes, A Few Years Later…(Ma Eum, Myut Hae Ji Na, Poo Reun Noon Dang Ja).

Sugar Donut (pic taken from ask.net)

Sugar Donut (pic taken from ask.net)

Tapi lagi-lagi saya stuck waktu browsing nggak nemu banyak info tentang mereka. Di Youtube bisa dilihat beberapa perfomance dan videoklip mereka. Kesannya, khas anak band banget yang giving all for music. Saya nemu mereka di last.fm dan infonya cuma begini: ‘a fresh indie rock group with brilliant melodies and great guitar rhythms’ dan bahwa mereka terdiri dari : Changs (vokal, gitar) dan Ash (vokal, gitar) dan…kalau di foto sih ada 4 tapi yang dua lagi nggak tahu siapa, mungkin formasi awalnya cuma dua…:(

to be continued…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

