Beranda > Drama Korea > Sungkyunkwan Scandal

Sungkyunkwan Scandal

Saya penasaran nonton Sungkyunkwan Scandal gara-gara baca di sebuah blog yang memuji habis-habisan drama ini. Karena penasaran, saya beli cd-nya dan saya tonton.

Tokoh utama Sungkyunkwan Scandal, adalah tokoh dalam 1001 drama Korea: seorang gadis miskin. Di sini, namanya Kim Yoon-hee  (). Sudah miskin, ibunya janda dan adiknya sakit keras pula. Meski pintar, sebagai anak perempuan, tak banyak yang bisa ia lakukan. Untuk mencari uang, ia pun menyamar sebagai laki-laki untuk bekerja sebagai penulis puisi. Hingga kemudian ia ditawari pekerjaan untuk jadi pemberi contekan ketika sedang dilakukan ujian masuk universitas bergengsi untuk para putra bangsawan, Sungkyunkwan. Meski pekerjaan ini berisiko, Yon-hee nekad melakukannya. Karena jika ia tak bisa melunasi hutang keluarganya, ia akan diperistri oleh seorang pejabat culas.

skk2-00065

Ketika ujian sedang dilakukan, Yoon-hee berhasil menyelundup masuk dengan berbekal gambar (ingat, waktu itu belum ada foto) pemuda yang akan ‘dibantunya’. Eh, ternyata dia salah, yang didekatinya justru seorang pemuda paling pintar, Lee Sun-joon (). Parahnya lagi, Sun-joon ini orangnya jujur dan tak menolerir kecurangan. Nasib Yoon-hee pun nyaris diujung tanduk. Untunglah ia kemudian berhasil menyelematkan diri. Selesai? Belum. Karena kemudian Sun-joon yang merasa kagum dengan kepintaran Yon-hee tapi prihatin bahwa ia miskin, malah mengerjai Yoon-hee supaya bisa sekolah di Sungkyunkwan. Sama sekali bukan hal yang diharapkan Yon-hee. Namun dia juga tak bisa menolak, apalagi banyak bonus yang diberikan selama jadi mahasiswa Sungkyunkwan.

skk2-00189

Maka dilmulailah kehidupan Yon-hee di Sungkyunkwan. Ia harus berusaha keras menyembunyikan identitas dirinya sebagai perempuan. Meski kadang tak selalu berhasil karena ciri-ciri femininnya yang kemudian sering jadi bahan ledekan teman-temannya. Belum lagi ia kemudian harus tinggal satu kamar dengan teman cowok. Hmm, siapa lagi kalau bukan Sun-joon. Dan seperti sudah bisa diduga, kedua anak manusia ini perlahan saling suka.

Kehidupan di Sungkyunkwan menjadi semakin berwarna dengan adanya mahasiswa pemberontak, Moon Jae-shin ( ) (bisa dibilang Jae-shin ini adalah the second man) dan playboy pesolek, Goo Yong-ha (). Ada juga kelompok mahasiswa antagonis gengnya Ha In-soo.

skk20_043

Cerita cewek nyamar jadi cowok bukan cerita yang baru. Seingat saya ada , You’re Beautiful, …meski latarnya berbeda, rumus ceritanya hampir sama. Bagaimana si cewek dan si cowok mengalami kerumitan ketika mereka saling jatuh cinta. Demikian juga Sungkyunkwan Scandal. Yang menjadi unik mungkin ya latar ceritanya, Korea di masalalu. Suasana kehidupan kampus jaman dahulu kala. Ditambah lagi tokoh-tokohnya. Untuk tokoh utamanya, Yoon-hee dan Sun-joon, menurut saya sih nggak terlalu istimewa. Yoon-hee, seperti saya bilang diatas, adalah tokoh cewek dalam 1001 drama Korea: miskin dan rela melakukan apa saja demi menghidupi keluarganya! Dan Sun-joon juga tokoh cowok dalam 1001 drama Korea: anak bangsawan kaya, dingin, saklek tapi sebenarnya hangat dan baik hati.

skk20_010

Yang menurut saya menarik justru tokoh-tokoh di sekitarnya. Moon Jae-shin dan Goo Yong-ha. Alih-alih sebel sebagai the second man, saya malah jatuh cinta sama Moon Jae-shin. Penampilannya yang terlihat nyaris selalu berantakan benar-benar terlihat keren. Dan yang lucu dari dia, meski orangnya rebel tapi kalau sudah ketemu cewek nggak bisa nahan cegukan🙂 Dan Goo Yong-ha? Cowok cantik yang suka dengan skandal (dia benar-benar terlihat cantik dan luwes tapi nggak seronok).

Sungkyunkwan_Scandal_08042011033135

Adanya tokoh-tokoh yang menarik di luar tokoh utama ini lah yang mungkin jadi membuat saya kurang asyik mengikuti drama ini semakin ke ujung. Saya nggak mengharapkan Yoon-hee bakal memilih Jae-shin, karena saya pikir, setelah semua yang dilakukan Sun-joon, sudah sewajarnya kalau Yon-hee memberikan hati padanya. Tapi melihat Jae-shin yang begitu keren cuma jadi second man rasanya nggak rela . Yaah, terlalu banyak tokoh yang mengundang simpatik dalam sebuah drama agaknya tak terlalu bagus juga…

Note:

  yang jadi Moon Jae-shin ini ternyata yang jadi Ge-beom, di film ‘/ Antique Bakery’ yang dibintangi bareng . Di sana dia main jadi anak muda yang agak culun, beda banget sama karakter yang dimainin di Sungkyunkwan Scandal. Hmm, he’s a talented actor🙂

Cast:
, Lee Sun Joon
Kim Yoon Hee
, Goo Yong Ha
, Moon Jae Shin

Seo Hyo Rim, Ha Hyo Eun (yg suka ma sun joon)
Jun Tae Soo,  Ha In Soo (si jahat)

Produser: Yoo Gun Shik
Sutradara: Kim Won Suk, Hwang In Hyuk
Original writer: Jung Eun Gwol, novels “The Lives of Sungkyunkwan Confucian Scholars 1 & 2″
Screenwriter: Kim Tae Hee
Episode: 20 
Tayang:KBS2, 2010-Aug-30 to 2010-Nov-02

Awards:
Baeksang Arts Awards 2011:
– Popularity Award ()
– New Actor ()

KBS Drama Awards 2010:
– Excellence Award, Novella Drama – Actress ()
– Newcomer Actor Award ()
– Popularity Award ()
– Netizens’ Award ( & )
– Best Couple Award ()
– Best Couple Award ( & )

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: