Beranda > Drama Korea > Hong Gil Dong

Hong Gil Dong

Saya sebenarnya nggak terlalu suka drama action, tapi karena ada unsur romance dan cast-nya terlihat cukup menjanjikan (meski saya juga nggak ngefans sama ataupun ) saya nonton Hong Gil Dong.

hong gil dong-ed

Hong Gil Dong adalah putra seorang pejabat pemerintahan yang terhormat dari hasil hubungannya dengan pelayannya. Ibunya dihukum mati ketika Gil Dong masih kecil. Ia dibesarkan oleh keluarga ayahnya tanpa cinta. Ibu tiri dan saudara tirinya membencinya.

Ayahnya, meski sebenarnya menyimpan rasa sayang, tapi demi ego kehormatannya, selalu memperlakukan Gil Dong dengan kasar dan dingin. Satu-satunya yang perhatian sama Gil Dong cuma seorang biksu setengah sinting di kuil yang kemudian secara nggak langsung ngajarin ilmu bela diri pada Gil Dong. Gil Dong tumbuh jadi pemuda urakan. Kerjanya bikin onar di pasar dan membuat sebal orang-orang.

hong gil dong4

Hingga suatu hari, muncul Heo Yi Nok, cewek pethakilan yang baru datang dari Cina bareng kakeknya yang agak error. Mereka kemudian menjual barang-barang bawaandari Cina di pasar, dengan harapan akan mendapat banyak untung karena berpikir bahwa barang yang mereka jual adalah satu-satunya. Sayangnya, ternyata di pasar barang tersebut sudah ada yang menjual, yaitu Tuan Wang (orang Korea yang ngaku berasal dari Cina supaya dagangannya laku). Gil Dong yang surprais begitu tahu Yi Nok baru dari Cina, bersedia membantu jualan dengan syarat, Yi Nok mau membantunya mengajari Bahasa Cina.

Gil Dong punya obsesi untuk pergi ke Cina. Ia berpikir bahwa di negeri asing, ia bisa menemukan kebahagiaannya dan melupakan segala kesedihannya. Yi Nok, demi mendapat uang, mau saja dengan tawaran itu, meski sebenarnya bahasa Cinanya juga payah. Yah, bisa ditebaklah apa yang kemudian terjadi. Yi Nok, setelah tahu keadaan Gil Dong jatuh kasihan dan ujung-ujungnya jatuh cinta deh. Gil Dong, yang selama ini merasa tak ada seorang pun yang peduli sama dia, merasa senang dengan kehadiran dan perhatian Yi Nok.

chang wi

Hidup Gil Dong kemudian berubah setelah pertemuannya dengan seorang ketua geng perampok ‘putih’ (mereka merampok orang kaya untuk dibagikan ke rakyat miskin) yang sekarat dan menitipkan tongkat kebesarannya pada Gil Dong. Gil Dong akhirnya bergabung dengan kelompok ini dan melakukan berbagai aksi. Di sisi lain, ada Lee Chang Hwi, pewaris kerajaan yang baru kembali dari pengasingannya di Cina. Ia berniat untuk merebut tahta yang diambil alih oleh saudara tirinya yang lalim. Ia ketemu Yi Nok di kapal dan selanjutnya akan banyak pertemuan kebetulan di antara mereka. Dan bisa ditebak juga kalau ujung-ujungnya, Chang Hwi bakal jadi the second man.

Hong Gil Dong merupakan cerita rakyat Korea, kayak Chun Hyang gitu. Yah, Hong Gil Dong ini semacam Robin Hood-nya Korea lah yang konon hidup di masa dinasti Joseon. Dramanya cukup menghibur  meski secara garis besar ceritanya ya begitu-begitu saja(meski juga kadang saya dibuat bosan oleh adegan klise dan terlalu mellow-mellow, esp. pas adegan yang menyangkut romance).  Ceritanya juga mirip-mirip Iljimae (dan saya lebih suka Iljimae).

hong gil dong3

Akting yang cukup bagus menurut saya ditunjukkan sama   yang jadi Yi Nok. Meski karakter cewek ‘tak tahu malu’ dan selebor juga bukan karakter yang baru di drama-drama Korea, tapi Yu-ri bisa membawakannya dengan tidak membosankan (sayang menjelang ending dia jadi cengeng, tapi saya pikir masalahnya ada di skenario-nya)

Note:
Konon awalnya yang bakal dapat peran Gil Dong dan Chang Wi ini si Prince Shin di serial Goong, Joo Ji-hoon sama Jo Hyun-jae, tapi karena nggak cocok jadwalnya jadi nggak jadi. Yah, karena saya cukup suka sama akting Ji-hoon (terlepas dari kasus narkobanya), lucu juga mungkin kalau dia jadi Hong Gil-dong ya😛

Cast:
– Hong Gil Dong
– Heo Yi Nok
– Lee Chang Hwi
Kim Ri Na – Seo Eun Hye
Kim Jae Seung – Hong In Hyung (Gil Dong’s brother)
Jung Eun Pyo – Biksu Hye Myung (Gil Dong’s master)

Judul lain : Sharp Blade Hong Gil Dong
Episode : 24 episode
Periode tayang: 2008-Jan-02 to 2008-Mar-26
Sutradara: 
Screenwriter: Hong Jung Eun, Hong Mi Ran

Awards:
– 2008 KBS Drama Awards:
– Best Couple Award (Sung Yu Ri and Kang Ji Hwan)
– Popularity Award (Jang Geun Suk)
– Popularity Award (Sung Yu Ri)
– Netizen Award (Kang Ji Hwan)

– 2008 44th Baeksang Arts Awards:
– Popularity Award (Kang Ji Hwan)
– Popularity Award (Sung Yu Ri)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: