Beranda > Film Korea > Madeleine

Madeleine

Film romantis Korea adalah film yang mudah ditebak sekaligus susah ditebak. Mudah ditebak karena si A setelah melewati berbagai hal akan jatuh cinta setengah mati sama si B. Demikian juga yang terjadi pada Hie-jin dan Ji-suk. Mereka adalah teman waktu di sekolah menengah yang kemudian dipertemukan secara kebetulan, setelah beberapa waktu. Suatu hari Ji-suk ( ) yang gondrong ingin memotong rambutnya di salon yang ternyata milik Hie-jin ( ).

Madeleine

Hie-jin yang agresif dan baru putus dari pacarnya segera menargetkan Ji-suk untuk jadi pacar berikutnya. Maka ia pun melakukan berbagai upaya untuk mendekati Ji-suk yang tenang dan pendiam. Kesannya, Hie-jin ini agak annoying lah. Dia bahkan ngajak Ji-suk kencan selama sebulan dan kalau ternyata mereka nggak cocok, Hie-jin sepakat untuk pisah. Ji-suk setuju (yah, orang Hie-jin juga nggak ngasih kesempatan Ji-suk buat membuat keputusan kok :P). Dan yah, bisa ditebak kan kalau pada akhirnya Ji-suk pasti bakal jatuh cinta beneran sama Hie-jin.

madeleine 04

Tapi sampai pada titik ini, kemudian alur mulai berbelok menjadi tak terduga. Hie-jin diketahui hamil hasil hubungan dengan pacar lamanya. Kemudian muncul juga Sung-hae, teman sekelas juga waktu di sekolah menengah. Sung-hae ini dulu anak culun di kelas, tapi sekarang sudah jadi cewek keren vokalis band rock (saya suka karakter Sung-hae di sini). Sung-hae ini cinta pertamanya Ji-suk dan Sung-hae juga sebenarnya naksir Ji-suk waktu itu tapi sama-sama tak terucapkan. Jadi ketika ketemu lagi, mereka nampak masih memendam rasa.

madeleine 02

Yah, begitulah. Ceritanya sih nggak terlalu istimewa. Juga mengenai ending, untuk film romantis, bisa diduga lah. Tapi saya pikir, film-film romantis Korea selalu bermain-main dengan plot yang khusus dan karakter-karakter yang unik sehingga tidak jatuh pada klise. Nggak kayak film-film romantis lokal yang sudah alurnya klise, lemah pula pengkarakteran tokohnya😦.

Satu hal lagi dari film ini yang membuat saya cukup berkesan adalah lagu-lagunya, terutama yang dibawain oleh band-nya Sung-hae (Park Jung-Ah feat. Sugar Donut, band indie Korea),asli keren (sayang nggak banyak info soal band ini). Agak beda dengan lagu-lagu di film korea yang biasanya mellow habis, nuansa rocknya terasa powerful dan segar di sini.

madeleine5

NB: Mengenai judulnya sendiri, Madeleine, saya pikir itu adalah tokoh di film ini atau setidaknya menggambarkan tokoh di film ini (apalagi Ji-suk punya impian jadi penulis). Ternyata: madeleine adalah nama makanan. semacam roti atau apa gitu yang konon ketika memakannya akan membuatnya terkenang sesuatu. Korea memang suka aneh-aneh bikin judul film🙂.

  – Ji-Suk
– Hie-Jin
– Sung-Hae
– Man-Ho (si pembuat kue)
Kang Rae-Yeon, Yoo-Jun (teman sekosan Hie-jin)
, Joon-Ho

Sutradara: Park Kwang-Chun
Penulis: Kim Eun-Jeong, Park Kwang-Chun
Produser: Seo Woo-Sik, Choi Yoon
Sinematografi: Kim Young-Chul
Rilis: January 1, 2003
Durasi: 118 min

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: