Beranda > Film Korea > July 32nd

July 32nd

Nggak seperti kebanyakan film Korea yang menyajikan cerita romantis mengharu biru, July 32nd memiliki cerita yang berbeda. Alih-alih tentang romantisme, film ini justru mengetengahkan kehidupan kelas bawah yang  gelap.

juli 32nd

Adalah Lee Man-su, single parent yang bekerja sebagai pembunuh bayaran. Suatu hari, ia mengajak anaknya yang masih berumur lima tahun, Rosie, ketika harus bekerja. Meski berhasil melakukan pekerjaan, ia tertangkap polisi dan karenanya berusaha melarikan diri. Dalam upaya melarikan diri itulah dia sempat berkelahi dengan salah seorang polisi, Jang, yang kemudian cacat kakinya. Sebelum masuk penjara, ia menitipkan Rosie pada rekannya, seorang pelacur dan berjanji akan kembali. Saat itu tanggal 31 Juli dan dia berjanji akan kembali esok harinya. Rosie kecil bertanya: besok? tanggal 32? Dan Man-su menjawab: ya, tangal 32.

PDVD_017

Selama Man-su dipenjara, Jang yang hidupnya hancur setelah kejadian itu, berusaha membalas dendam. Ia menculik Rosie kecil dan menjualnya di rumah bordil di pinggir laut. Maka tumbuhlah Rosie jadi seorang pelacur. Ia tak menyukai pekerjaannya dan menyalahkan ayahnya, yang ia pikir telah menjualnya dan menyebabkan kehidupannya seperti itu. Ia selalu mengatakan bahwa jika ia bertemu kembali dengan ayahnya, maka ia akan membunuhnya. Rosie tak pernah tahu kalau ayahnya dipenjara. Rosie juga tak bisa pergi karena dibebani hutang dari ‘ayahnya'(Jang) yang entah berapa banyak.

PDVD_025

Sopir pelacuran itu, seorang pemuda, berempati pada Rosie. Apalagi ketika kemudian diketahui Rosie menderita kanker serviks. Agar terlepas dari hutangnya, si pemuda kemudian membawa Rosie lari ke Busan. Karena pergi tanpa membawa apa-apa dan tak punya tujuan ke Busan, Rosie kemudian membuka pelacuran di atas kapal kecil di pinggir pelabuhan untuk bertahan hidup bersama si pemuda. Sementara ayahnya sudah bebas dari penjara dan bekerja di sekitar pelabuhan itu.

PDVD_047

Cerita yang sangat muram, memang. Tapi saya merasa tak keberatan dengan cerita yang muram. Karena film ini tak sampai jatuh menjadi cengeng ditambah lagi gambar-gambarnya yang juga cukup berwarna. Namun menjelang ending, saya agak merasa kelelahan dan berharap sebuah akhiran yang berbeda.

Note: Saya coba browsing di internet info mengenai film ini, tapi nggak tahu kenapa, nggak seperti kebanyakan film Korea, info film ini sangat terbatas.

CAST:
Park Eun Soo,Lee Man-su
Seong Hye-Rim, Rosie (dewasa)
Kim Jung Kyun, si pemuda
Kim Min-Gi

Sutradara: Jin Seung Hyun

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: