Beranda > Film Barat > Changeling

Changeling

Berdasar kisah nyata, tahun 1928.
Christine Collins seorang single parent dari seorang bocah lelaki, Walter. Ia bekerja di kantor telekomunikasi, pekerjaan yang membuatnya cukup sibuk sehingga seringkali tak punya waktu bersama anaknya. Suatu hari, ketika ia berjanji untuk menemani Walter nonton di bioskop. Namun acara itu batal karena ia harus menggantikan temannya bekerja. Ketika pulang, ia terkejut karena tak mendapati Walter dimanapun. Setelah panik mencari kesana kemari, ia akhirnya melapor ke polisi. Tapi bukannya bantuan yang didapatkan, polisi mengatakan bahwa kasus kepergian seorang anak dari rumah itu hal yang biasa dan baru akan memproses setelah 24 jam. Meski bingung, Christine tak bisa berbuat apa-apa. Dan Walter tak kunjung pulang.

changeling2

Polisi kemudian memproses kasus ini dengan setengah hati. Enam bulan kemudian, Christine mendapat berita kalau anaknya telah ditemukan. Hal yang kemudian mendapat peliputan besar-besaran karena dianggap sebagai prestasi kepolisian yang selama ini terkenal korup dan tak becus. Namun alangkah terkejutnya Christine ketika bertemu dengan si bocah, karena ia sama sekali berbeda dengan anak yang dikenalnya. Tapi polisi terus meyakinkannya, kalau bocah itu benar-benar sesuai dengan ciri-ciri anaknya, dibenarkan oleh dokter pula. Christine pun tak bisa banyak bicara.

Ketika pulang, Christine semakin yakin kalau bocah itu bukan anaknya karena tinggi badannya lebih pendek dari terakhir kali ia mengukur anaknya. Tapi lagi-lagi pihak kepolisian mengatakan kalau itu adalah hal yang mungkin terjadi. Anaknya menyusut karena tak terurus. Tapi Christine yang tahu benar seperti apa anaknya, tetap keukeuh mengatakan kalau bocah itu bukan anaknya. Hal ini pun didukung guru sekolah Walter, yang mengatakan siap bersaksi di pengadilan. Dukungan juga datang dari seorang pendeta baik hati, Gustav Briegleb, yang menawarkan bantuan pada Christine.

Kengototan Christine dirasa mengganggu kepolisian. Di malam ia hendak diwawancarai Briegleb untuk acara radionya, Christine ditangkap polisi dan kemudian dimasukkan ke rumah sakit jiwa (jadi ingat teori kuasanya Foucaoult). Pihak RSJ yang sudah kongkalikong sama kepolisian tentu saja menguatkan kalau Chritine itu sudah sakit jiwa. Tapi Christine tak sendirian. Di RSJ, ia menemukan banyak orang yang bernasib sama seperti dirinya, dituduh gila hanya agar tak merepotkan polisi. Salah satunya adalah Carol, yang kemudian menjadi teman baiknya dan memberi Christine support.

changeling3

Kegigihan Christine berbuah hasil ketika seorang polisi hendak mendeportasi bocah Kanada yang bersembunyi di sebuah ranch. Didera rasa bersalah dan ketakutan, si bocah ini kemudian dengan ketakutan menceritakan apa sebenarnya yang terjadi ranch. Bahwa ia diminta untuk membantu pembunuhan bocah-bocah oleh seorang lelaki psikopat bernama Gordon Nortchoff. Meski pihak kepolisian LAPD enggan menyelidiki kasus ini, si polisi yang percaya pada cerita di bocah, kembali ke ranch dan menemukan tengkorak yang terkubur. Pihak LAPD pun tak punya pilihan selain menyelesaikan kasus ini untuk memperbaiki namanya yang sudah terbukti tidak becus.

Nonton film ini membuat saya berpikir tentang kepolisian di tanah air. Meski film ini mengambil latar tahun 1928, tapi rasanya begitu familiar dengan situasi sekarang (untungnya sih nggak pakai penjeblosan ke RSJ segala). Sayangnya, meski banyak sosok mirip Christine Collins yang gigih memperjuangkan kebenaran, namun rasanya kok belum ada yang benar-benar mampu mengusik ‘mereka’ untuk memperbaiki kinerjanya ya ? Hmm😦

Sementara soal kualitas filmnya sendiri, rasanya tak perlu ada yang diragukan dari seorang Clint Eastwood dan akting seorang Angelina Jolie🙂

Cast:
, Christine Collins
Jeffrey Donovan, Polisi Jones, LAPD
,  Gustav Briegleb
Jason Butler Harner, Gordon Nortchoff (Si pembunuh)
Amy Ryan, Carol Dexter (teman Christine di RSJ)

Sutradara: 
Producer: , Brian Grazer, Ron Howard, Robert Lorenz
Penulis: J. Michael Straczynski
Musik:
Sinematografi: Tom Stern
Rilis: USA, October, 2008
Durasi: 141 minutes

Awards:
Academy Awards: Nominasi Best Actress in a Leading Role (), nominasi
Best Art Direction (James Murakami, Gary Fettis), Nominasi Best Cinematography (Tom Stern)

Golden Globe Awards: Nominasi Best Actress – Motion Picture Drama (), nominasi Best Original Score ()

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: