Beranda > Film Mandarin > Bruce Lee My Brother

Bruce Lee My Brother

Saya bukan penggemar Bruce Lee. Juga tak familiar dengan film-filmnya. Tapi kenyataan bahwa dia adalah legenda film Hongkong membuat saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang dirinya. Dan ketika saya menemukan film ini di lapak, saya pun memutuskan untuk membelinya. Apalagi ada nama Tony Leung Ka Fai di label pemainnya (saya terkesan dengan dia waktu main The Lover).

bruce lee my brother

Saya nggak punya ekspektasi apa-apa waktu nonton film ini. Saya juga nggak punya referensi apa-apa soal Bruce Lee. Jadi saya mengikuti saja jalan cerita film dari waktu ke waktu tanpa pretensi apa-apa.

Cerita dimulai dengan kelahiran Bruce Lee, anak dari pasangan Lee Hoi-chuen, seorang pemain opera dan Grace Ho, ibu rumah tangga biasa di sebuah rumah sakit Amerika pada tahun 1940. Setelah kelahiran Bruce, keluarga  ini kemudian kembali ke Hongkong dan tinggal di rumah nenek Bruce yang selalu riuh. Bruce kemudian mendapat nama kecil, Sai-fon (artinya small phoenix, yang berkesan feminin).

bruce lee

Meski waktu itu sedang masa perang, tapi masa kecil Bruce digambarkan cukup menyenangkan. Berasal dari keluarga kelas menengah yang tak punya masalah keuangan, ia menghabiskan waktu dengan bermain bersama saudara-saudaranya, membuat kejahilan di sana-sini. Ia juga kemudian ditawari bermain film. Singkatnya, masa kecil Bruce cukup bahagia.

Bruce Lee, the ordinary guy

Bruce Lee, the ordinary guy

Beranjak remaja, tak banyak yang berubah dalam kehidupan Bruce. Ia luntang-lantung kesana kemari bersama teman-temannya. Nonton syuting film, kumpul-kumpul…lalu ia bertemu dengan gadis dari masa kecilnya yang sekarang telah berubah jadi gadis cantik. Ia pun jatuh cinta. Tapi ternyata teman dekatnya naksir si gadis. Maka ia pun mengalah. Tapi kemudian hubungannya dengan sahabat baiknya memburuk. Di sisi lain, ia mulai berkenalan dengan wushu, setelah dipanas-panasi seorang petinju muda. Ketika ia terlibat perkelahian saat sahabat baiknya tertangkap karena narkoba, ayahnya marah dan memutuskan untuk mengirimnya kembali ke Amerika.
bruce lee my brother 3

Rasanya tak ada yang istimewa dalam kehidupan Bruce Lee. Kenakalan masa remaja, cinta pertama, pergolakan-pergolakan kecil dalam persahabatan…semuanya adalah sesuatu yang sangat biasa. Tapi harus diingat, Bruce Lee adalah seorang bintang, seorang legenda. Dan justru gambaran kehidupannya yang biasa-biasa sajalah yang menarik untuk diketahui. Dan saya pikir, film ini cukup berhasil menghadirkan Bruce Lee sebagai sosok ‘yang biasa saja.’

Cast:
, Lee Hoi-chuen (ayah Bruce Lee)
, Grace Lee
, Bruce Lee/ Li Xiaolong

Sutradara:  ,
Penulis : 
Produser : Robert Lee (adik kandung Bruce Lee)
Rilis : Hongkong, November 2010

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: