Beranda > Film Barat, My Favourite > The Graduate

The Graduate

Saya sudah lama dengar tentang film ini dan berpikir untuk menontonnya, tapi belum terlalu ingin hingga saya nonton film 500 Days of Summer yang menyebut-nyebut tentang film ini. The Gradute dibuat tahun 1967, berkisah tentang Ben (jamin) anak tunggal dari keluarga kelas menengah Amerika. Usianya menjelang 21 tahun dan baru lulus college dengan hasil cemerlang. Ketika seluruh keluarga merayakan pesta kelulusannya dengan penuh gembira, tidak demikian dengan Ben. Ia bingung dengan masa depannya. Dia bingung dengan apa yang sebenarnya ingin ia lakukan.

PDVD_001

Di antara tamu, ada Mrs, Robinson, rekan keluarganya, yang kemudian meminta Ben mengantar pulang. Mrs Robinson seorang perempuan yang kesepian. Suaminya sibuk bekerja dan putrinya, Elaine kuliah di Barkeley. Mrs. Robinson pun menggoda Ben yang gugup bukan main karena belum pernah berhadapan dengan perempuan seperti itu. Namun pada akhirnya, Ben menikmati hubungan dengan Mrs Robinson dan mereka pun sering menghabiskan waktu bersama tanpa diketahui siapapun. Ben tak hirau dengan orangtuanya yang mulai mengkhawatirkan masa depannya.

Mrs Robinson

Mrs Robinson

Hingga muncul Elaine, pada siapa Mr Robinson ingin menjodohkan Ben. Ketika Mrs. Robinson cemburu, Ben meyakinkan bahwa ia tak akan tertarik pada Elaine. Tapi kemudian ternyata ia jatuh cinta pada Elaine.

Di tengah-tengah film, saya sempat khawatir bahwa ini hanyalah film cinta yang agak klise. Mengingat bahwa film ini dibuat 43 tahun yang lalu. Apalagi ketika kemudian Ben langsung jatuh cinta pada Elaine di hari pertama mereka jalan bareng, dan ngejar-ngejar untuk ngajak nikah pula. Tapi kemudian saya menangkap ide film ini. Tentang seorang pemuda yang sampai pada fase ‘coming age’, yang takut dengan masa depan dan ingin mencoba banyak hal. Dan saya pun paham, kenapa film ini cukup sering dibicarakan🙂

PDVD_024

Selain ceritanya yang keren, musiknya juga keren banget. Yang ngisi soundtracknya dalah duo Simon & Garfunkel dan Dave Gruisin. Lagu The Sounds of Silence, Scaborough Fair dan Mrs Robinson benar-benar keren.

Note:
Menonton film ini, saya kemudian membandingkan ‘budaya’ anak muda Amerika tahun 67 hampir-hampir mirip dengan ‘budaya’ anak muda indonesia sekarang (terutama berkaitan dengan seksualitas). 43 tahun yang lalu. wauw🙂

Cast:
Dustin Hoffman, Benjamin Braddock
Anne Bancroft, Mrs. Robinson
Katharine Ross, Elaine Robinson
Murray Hamilton, Mr. Robinson
William Daniels, Mr.Braddock
Elizabeth Wilson, Mrs. Braddock

Sutradara: Mike Nichols
Penulis: Calder Willingham, Bunk Henry (Screenplay) Charles Webb (novel)
Musik ; Dave Gruisin (Score), Paul Simon (songs)
Sinematografi: Robert Surtees
Rilis : US, Desember 1967
Durasi: 105 menit

Awards:
Nominasi Oscar untuk Dustin Hoffman, Nominasi Best Cinematography, Best Adapted Screenplay, dan Best Picture. Pemenang BAFTA award for Best Editing
Masuk dalam 100 film yang ‘wajib’ ditonton di AFI’s 100 Years dan 1001 MOVIes You Must See Before Die

My Choice’s Award :

Scene yang jadi klimaks sekaligus antiklimaks

PDVD_032

Scene ini yang nongol di 500 Days of Summer

  1. James
    Desember 4, 2010 pukul 8:31 am

    anu mau tanya, klo mau download film itu dimana ya? thanks

    • Desember 10, 2010 pukul 6:47 am

      Kalau untuk film The Graduate, saya belum nemu situsnya. Saya dapat film ini ngopi dari teman. Tapi untuk dunlut film (terutama film barat) saya biasa buka di moviesfreak21.blogspot.com atau cinema3satu.blogspot.com. kalau film-film asia nyari di lapak cd bajakan aja lebih gampang:)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: