Beranda > Film Korea > Bandhobi

Bandhobi

Karim (Mahbub Alam), seorang pekerja kasar dari Bangladesh. Gajinya belum dibayar karena perusahaan tempatnya bekerja bangkrut. Padahal, ia sangat membutuhkan uang untuk dikirim ke keluarganya. Dengan susah payah, ia berusaha mencari alamat si bos demi menagih uang tersebut.

Min-seo (, seorang pelajar SMA. Di sekolah, teman-temannya sedang sibuk ingin mendaftar kursus bahasa Inggris pada native speaker agar mendapat nilai yang bagus. Tapi tentu saja, biayanya tak murah.

bandhobi

Karim naik bus usai berkeliling mencari rumah bosnya. Min-seo naik bus sepulang sekolah. Meski ada bangku kosong di sebelah Karim, Min-seo menolak untuk duduk di dekat Karim yang terlihat lusuh. Karim turun duluan, tanpa tahu bahwa dompetnya terjatuh dan ia baru sadar setelah turun. Min-seo, menemukan dompet itu dan karena ia sedang membutuhkan uang berniat untuk tak mengembalikannya. Tapi Karim berhasil merebutnya kembali dan mengancam akan membawanya ke kantor polisi. Min-seo berontak dan Karim akhirnya melepaskannya. Mereka pun berpisah meski Karim sempat mengatakan kalau Min-seo harus membantunya melakukan sesuatu kelak.

bandhobi3

Karim mendapat masalah ketika melerai orang berantem di toko dan di bawa ke kantor polisi. Min-seo membuat masalah dengan menyiram bensin pada pelanggan di tempat pengisian bensin karena melecehkannya dan dibawa ke kantor polisi. Dua orang ini bertemu lagi dan Karim meminta Min-seo membantu mencari alamat mantan bosnya. Dan begitulah hubungan mereka terjalin. Membangun saling pemahaman di antara mereka.

bandhobi4

Pada detik-detik awal nonton film ini, saya berpikir, ini film yang sangat ambisius. Ada beberapa hal yang membuat saya berpikir begitu. Pertama, tokoh Karim, dari Bangladesh, berkulit agak gelap, seorangburuh kasar, muslim, bosnya tak mau bayar gajinya padahal ia butuh uang untuk dikirim ke kampungnya. Kedua, tokoh Min-seo. Seorang remaja SMA dari kalangan bawah (ibunya single parent, bekerja sebagai resepsionis di tempat karaoke).

bandhobi5

Masalah pun jadi sangat kompleks: prasangka budaya, ekonomi, pencarian identitas seorang remaja…saya sempat khawatir kalau film ini jatuh jadi film yang terlalu melelahkan dan agak menggurui.

Dan saya merasa lega sampai film berakhir, setiap scene dieksekusi dengan cukup baik.

Cast :
, Min-seo
Mahbub Alam, Karim

Sutradara: 
Penulis: Shin Dong-il, Lee Chang-won
Rilis : Juni, 2009
Durasi : 107 menit
Note: Di putar di Udine Far East Film, 2010

  1. Juni 7, 2011 pukul 12:20 pm

    sepertinya menarik, tapi boleh tahu endingnya nanti sad/happy? hehehe

    • Juni 25, 2011 pukul 3:00 am

      endingnya memang agak sad, tapi dieksekusi dengan cukup penuh harapan🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: