Beranda > Film Korea > The Classic

The Classic

Saya penasaran nonton film ini sejak lama. Apalagi tahu kalau yang jadi bintang utamanya . Cari-cari di rental nggak nemu. Pas di lapak CD saya nemu versi combo-nya, saya merasa senang akhirnya nemu. Tapi begitu diputar…lho, kok? Ternyata isinya beda dan nggak ada di dalamnya. Yaah…:(

Karena masih penasaran juga, akhirnya saya nyoba nonton lewat streaming video. Kalau lagi aksesnya lancar sih bisa lumayan cepat tapi kalau sudah lambat (dan ini yang paling sering terjadi) leletnya bikin emosi. Dibutuhkan kesabaran seekstra-ekstranya.

berkisah tentang dua kisah cinta dua generasi, ibu dan putrinya, Ji-hae dan Joo-hee. Joo-hee adalah ibu Ji-hae dan keduanya dimainkan aktris yang sama, . Kisah sang Ibu, Joo-hee, merupakan flashback  yang diceritakan lewat tumpukan surat yang dibaca oleh Ji-hae.

fullsizephoto117326

Berawal dari Joo-hee muda yang sedang berlibur ke tempat kakek-neneknya di desa dan kemudian bertemu Joon-ha (, pemuda sebaya yang juga tengah berlibur ke sana. Joo-hee dan Joon-haa kemudian menghabiskan waktu bersama, meski kemudian kena marah karena mereka kemalaman gara-gara terdampar di seberang danau.

Meskipun hanya liburan yang singkat, tapi cukup untuk menumbuhkan cinta yang dalam di antara Joo-hee dan Joon-haa. Ketika kembali ke kota, mereka masih saling berhubungan. Tapi Tae-soo (, sahabat Joon-haa meminta Joon-haa menuliskan surat untukseorang gadis yang akan dijodohkan orangtuanya. Dan gadis itu ternyata adalah Joo-hee. Tapi demi persahabatannya, Joon-haa merahasiakan hubungannya dengan Joo-hee.

photo193

Akhirnya, Tae-soo tahu kalau Joon-haa sama Joo-hee itu saling suka dan ia pun mengalah meski sebenarnya ia juga suka sama Joo-hee. Ia mengatakan hal ini pada ayahnya, tapi ayahnya malah memukulinya. Tae-soo berniat bunuh diri dengan gantung diri, tapi gaga (aksi gantung diri Tae-soo saya pikir cukup masuk akal dan nggak terlalu lebay, dia bukan mau mati karena patah hati, tapi saya pikir karena tekanan ayahnya). Melihat bahwa hubungannya dengan Joo-hee nyaris tak mungkin, akhirnya Joon-haa yang memilih mengundurkan diri.

photo759

Kisah yang kedua, Ji-hae di masa sekarang. Di mana ia mengalami kisah yang hampir-hampir mirip dengan ibunya. Ia menyukai temannya temannya, Sang-min (. Temannya, Su-kyeong juga menyukai Sang-min. Kisah Ji-hae dan Sang-min sendiri cuma jadi semacam selingan dari kisah masa lalu ibunya. Dan memang sepertinya jadi nggak terlalu penting.

Meski ceritanya agak klise (baca: klasik, dan agaknya dari situlah judulnya diambil), tapi alurnya cukup terasa orisinal sehingga tak membosankan dan masuk akal. Dan casting-nya? Made me love more 🙂 Dia terlihat keren banget di sini. Diadigambarkan bukan sosok yang sangat sempurna, dia seorang anak sekolahan biasa yang sering kena hukum karena agak bengal, juga ketakutan lihat ‘hantu’. Tapi justru di situlah letak ke-kerenan dia. He’s just ordinary boy yang punya cinta tulus sama kekasihnya.

photo758

Dan ? Dia cukup ‘klasik’ untuk jadi gadis klasik. Cuma saya kesulitan membedakan antara ia jadi Joo-hee dan Ji-hae. Yang agak menganggu justru akting Jo In-sung yang jadi Sang-min. Selain gambar yang enak dilihat, musiknya pun keren. Saya paling suka lagu dari Nuh eh ge nan naeh ge nun ( I am yours, you are mine), (lagu ini diputar waktu hujan-hujanan).

Cast:
, Ji-hae/ Joo-hee
, Joon-ha
, Sang-min
, Tae-su
Lee Soo-in, Su-kyeong

Sutradara: 
Penulis : 
Musik : Jo Yeong-wook
Rilis : Januari, 2003
Durasi : 127 menit

Awards:
– Nominasi di  Hong Kong Film Awards untuk kategori Best Asian Film 2004
– 2003 40th Daejong sang Awards: Best New Actress
– 2003 39th PaekSang Arts Awards: Best New Actress
– 2003 24th Blue Dragon Film Awards -Most Favourite Star
– 2004 9th Moscow International Love Movie Awards: Best Couple

Iklan
  1. Juni 7, 2011 pukul 12:28 pm

    manis tapi sedih 😦

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

the talking cupboard

haunted by drama addicts' souls

gudangekspresi

say something

Budi SUFI

SUFI, Suka Film

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: