Beranda > Drama Korea > Winter Sonata

Winter Sonata

Saya sebenarnya cukup terlambat nonton drama ini. Drama ini diputar pertama kali tahun 2002, tapi saya baru nonton tahun 2010. Tentu saja, masa booming-nya pun sudah lewat. Tapi saya kira bukan berarti basi (kecuali gaya pakaian yang jadi kelihatan agak jadul). Dari segi ceritanya, saya masih bisa menikmatinya. Dan karena Winter Sonata merupakan salah satu drama yang mengawali apa yang disebut sebagai ‘Korean wave’ saya pikir banyak drama-drama Korea selanjutnya yang rumus ceritanya sedikit banyak  mengikuti drama ini.

Saya penasaran nonton drama ini karena kepopulerannya. Dramanya maupun tokoh-tokohnya. Saya pikir, nggak ada yang nggak mengaitkan Winter Sonata dengan  atau , dua pemain utamanya. Demikian juga sebaliknya. Dan setelah nonton drama ini, saya pun maklum. Kharisma dua pemain watak ini memang terasa sangat kuat.

byj13

Winter Sonata diawali dengan pertemuan Joon-sang () dan Yu-jin (), ketika mereka masih di sekolah menengah. Joon-sang adalah murid baru di sekolah dan kelas Yu-jin dan mereka sering bertemu di dalam bus ke sekolah. Joon-sang seorang penyendiri dan terlihat kesepian. Yu-jin kemudian mengajak Joon-sang gabung di radio sekolah. Dan karena hubungan mereka jadi dekat, tumbuh deh rasa benih-benih cinta. Di sisi lain, ada San-hyuk (), sahabat Yu-jin yang diam-diam memendam cinta sama Yu-jin. Lalu ada juga Che-lin, teman Yu-jin yang naksir Joon-sang.

photo3255

Joon-sang dibesarkan oleh ibunya dan tak pernah mengenal siapa sebenarnya ayahnya. Karenanya, ia ingin mencari ayah kandungnya di kota itu. Tapi kemudian ia menemukan indikasi tentang kenyataan yang membuatnya memutuskan untuk pergi. Tapi kemudian sebuah kecelakaan terjadi. Ia dibawa ibunya ke Amerika dan mengalami hilang ingatan. Ibunya kemudian memanfaatkan ke-amnesia-an Joon-sang untuk membuatnya melupakan masalalu dan mengganti nama Joon-sang.

wsasia

Yu-jin dan semua teman-teman Joon-sang menyangka bahwa Joon-sang benar-benar telah meninggal. Meski belum bisa melupakan Joon-sang, Yu-jin melanjutkan hidupnya bersama Sang-hyuk dan bekerja sebagai arsitek. Semuanya baik-baik saja, hingga di hari ia hendak bertunangan dengan Sang-hyuk, di jalan ia melihat sosok yang mirip sekali dengan Joon-sang. Tidak hanya itu, karena sosok itu kemudian muncul di kantornya dan memperkenalkan diri sebagai Min-hyung.

Ingatan Yu-jin akan Joon-sang pun berhamburan. Ia mulai goyah. Min-hyung sendiri mengaku tak mengenal Yu-jin dan dia sudah punya pacar, tebak siapa? Che-lin! (Kenapa harus Che-lin, sih?😦 )Ini satu hal kurang saya suka dari drama ini. Menurut saya, karena Joon-sang sudah hilang ingatan, maka ia sebaiknya benar-benar terpisah dari masalalunya.

photo3246

Karena sering bersama, Min-hyung pun kemudian jatuh cinta pada Yu-jin. Sedangkan Yu-jin dilanda kebingungan akan perasaannya. Apakah ia benar-benar menyukai Min-hyung atau hanya karena Min-hyung mengingatkannya pada Joon-sang?

Ceritanya memang agak belibet dan agak sinetron. Apalagi kalau sampai pada bagian Yu-jin berantem sama Sang-hyuk, atau Che-lin yang berusaha mempertahankan Min-hyuk. Juga di bagian menjelang ending, waktu ingatan Joon-sang sudah balik. Saya pikir, it’s enough! Tapi ternyata masih ada beberapa lanjutan lagi. Yah…:( Tapi, untunglah,  closing scene-nya cukup memuaskan🙂

Whatever, it’s nice drama. Gambar-gambarnya indah, musiknya enak di dengar, dan yang jelas, pemain-pemainnya ( & ) keren!🙂

Cast:
– Kang Joon-sang/ Lee Min-hyung
– Jung Yu-jin
– Kim Sang-hyuk
– Oh Che-lin

Sutradara: Yoon Seok-ho
Penulis : Kim Yun-hee, Yun Eun-kyung
Episode : 20 Eps.
Rilis : KBS2, Januari-Maret 2002

Notes:

Merupakan bagian kedua dari ‘tetralogi’ dari cerita  Endless Love :

Autumn in My Heart/ Endless Love (2000)
Winter Sonata (2002)
Summer Scent (2003)
Spring Waltz (2006)

Tahun 2009, Winter Sonata dibuat versi animenya, terdiri dari 26 episode. Beberapa pengisi suaranya adalah cast aslinya.

byj3

 yang jadi Sang-hyuk meninggal karena bunuh diri, di rumahnya pada tanggal 30 Juni 2010 dalam usia 32 tahun😦

photo3284

  1. Juli 28, 2012 pukul 7:43 am

    i’am very like this drama

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: