Beranda > Film Barat > Jane Eyre

Jane Eyre

Ini adalah salah satu versi adaptasi Jane Eyre karya Charlotte Bronte ke dalam film dan mungkin kalah populer dari versi layar lebarnya yang dibintangi Chalotte Gainsbourg.

jane eyre

Saya belum baca novelnya, dan saya pikir ceritanya nggak jauh beda sama novelnya. Cerita di awali dari masa kecil Jane yang yatim piatu dan tinggal bersama keluarga bibinya, Mrs Reed yang kejamnya minta ampun. Karena Jane kecil suka memberontak, akhirnya Mrs Reed mengirimnya ke panti asuhan. Jane tinggal di sana hingga besar, tumbuh menjadi gadis yang mandiri dan cerdas. Ia kemudian melamar jadi guru di Thornfield Hall.

Di Thornfield Hall, Jane mengajar Adele, yang besar di Perancis, putri Mr. Rochester yang suka bepergian dan meninggalkan Adele hanya dengan pembantu-pembantunya.

Suatu hari, Mr. Rochester pulang dan merasa tertarik pada Jane yang cerdas dan mandiri. Jane juga merasa tertarik pada Mr. Rochester yang meski dari kalangan berada tapi memperlakukannya dengan sejajar. Keduanya kemudian saling jatuh cinta dan siap menikah hingga kemudian sebuah tragedi terjadi dan Jane memutuskan untuk meninggalkan Thornfield Hall.

jane eyre3

Meski begitu, karena masih menyimpan cinta untuk Mr.Rochester, akhirnya ia memutuskan untuk kembali, mendapati Thornfield Hall sudah terbakar dan Mr. Rochester menjadi buta. Tapi itu tak mengubah cinta Jane pada Rochester yang kemudian merawatnya dengan penuh cinta.

Cerita cinta yang klasik. Tentang seorang perempuan yang hidup menderita ketika kecil dan kemudian menemukan ‘pangeran’ yang kaya raya dan hidup bahagia. Wajar sih karena novelnya ditulis pada tahun 1847. Meski saya belum baca novelnya, saya merasa cukup ‘memahami’ Jane Eyre dalam film versi ini. Ruth Wilson yang jadi Jane cukup baik mengesankan sebagai gadis yang mandiri dan berpendirian teguh. Dan Mr. Rochester? Saya berharap, yang memerankannya adalah sosok yang lebih tampan dan gagah🙂 Dan satu hal yang saya nggak suka dari film ini adalah musik ilustrasinya yang menurut saya terdengar menyeramkan (padahal dapat nominasi Best Original Television Music di BAFTA TV Awards, lho).

Cast:
Ruth Wilson, Jane Eyre
Toby Stephens, Mr. Rochester
Tara Fitzgerald, Mrs. Reed
Georgie Henley, Jane Eyre kecil

Sutaradara : Susanna White
Penulis : Charlotte Bronte (novel), Sandy Welch
Musik : Robert Lane
Sinematografi : Mike Eley
Rilis : UK, BBC, 2006
Durasi : 240 menit (4 episode)

Awards:
Best Make Up & Hair Design, nominasi Best Actress (Ruth Wilson), di BAFTA TV Awards. Beberapa nominasi dan penghargaan di Primetime Emmy Awards

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: