Beranda > Film Korea > Baby and Me

Baby and Me

Han Joon-soo (, 18 tahun,murid sekolah menengah tapi bandel bukan main, anak tunggal dari orangtua yang cukup berada. Ia selalu membuat masalah di sekolah. Lelah menghadapi anaknya, orang tua Joon-soo memutuskan untuk menghukumnya dengan meninggalkannya sendirian di rumah, meninggalinya hanya sedikit uang.

baby n i

Alih-alih sedih, kepergian orangtuanya justru membuat Joon-soo merasa senang karena ia berpikir bisa bebas melakukan apa saja. Dan ia pun berniat membuat pesta bersama dua temannya. Namun suatu hal tak terduga terjadi. Ketika belanja di supermarket, ia mendapati keranjang belanjanya telah diisi seorang bayi  yang di dalamnya tertulis bahwa bayi itu bernama Woh-hram dan bahwa ia adalah ayahnya. Dengan panik, ia membawa anak itu pulang.

baby and i2

Ia mencari Ibu si bayi, menanyakan pada perempuan yang pernah dekat dengannya (yang ternyata banyak sekali!) dan tak ada yang mengakuinya. Maka Joon-soo pun harus merawat bayi itu sendiri. Untunglah, ia dibantu Kim Byeol, murid perempuan sekelas yang aneh tapi naksir padanya.

Mengetahui Joon-soo punya bayi, kecuali wali kelasnya, semua guru menentangnya karena berpikir akan menjadi contoh buruk bagi murid-murid lain. Joon-soo pun tak boleh masuk sekolah. Di sisi lain, ia juga harus mencari uang untuk membelikan susu bagi si bayi. Meskipun awalnya kesal, akhirnya Joon-soo jatuh sayang pada Woo-hram. Kedatangan Woo-hram membuatnya belajar banyak hal dan merubah hidupnya.

baby and i

Awalnya, saya berpikir, aah, ini film terlalu komikal.  Ibu yang galak bukan main, anak muda yang petentengan, cewek yang langsung terlongo-longo melihat cowok cakep–yang sebenarnya cakepnya masih wajar–guru yang teriak-teriak…tapi begitu cerita mengalir, saya menemukan ke-realistisan film ini. Ini tentang problema remaja berkaitan dengan kehidupan seksualnya. Resiko yang harus ia tanggung di usia yang masih sangat muda karena kecerobohannya dalam having sex. Juga bagaimana kolotnya kaum tua (guru-guru) dalam menghadapi hal semacam ini. Mungkin ini adalah problem hangat di kalangan anak muda sekarang.

baby n i2

Dan yang menarik dalam film ini, meski intinya about sex, tak ada adegan seronok sama sekali. Tak perlu menampilkan ‘adegan nakal’ hanya untuk menjelaskan bahwa Joon-soo adalah seorang ‘bocah nakal.’ Hal yang menarik dari film-film Korea.

Tapi cerita menjelang ending membuat saya agak kurang setuju. Saya pikir, si penulis cerita tak harus membuat Joon-soo benar-benar ‘bersih’ hanya karena dia adalah si anak muda. Karena meski dia ‘tak terlalu bersih’ saya pikir dia tetap pantas jadi ‘si anak muda.’ Saya pikir, justru ‘ketakbersihannya’ itu yang membuat sosoknya akan jadi lebih wajar dan menarik.

Cast :
, Han Joon-su
Song Ha-yoon, Kim Byeol
Park Myeon-Soo
Kim Jeong-nan
Jang Jeong-hee
Choi Jae-hwan

Sutradara: Kim Jin-yeong
Penulis: Lee Seong-min, Choi Won
Musik: Jang Dae-seong
Sinematografi: Jeong Jin-ho
Rilis : Agustus 2008

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: