Beranda > Film Korea > Into The Fire/ Pohwa Sokeuro

Into The Fire/ Pohwa Sokeuro

Pertama, saya takjub sama para pembajak. Di negara asalanya, Korsel, film ini baru rilis bulan Juni 2010 lalu, dan sekarang (Oktober) versi bajakannya sudah bertebaran di lapak-lapak CD, dengan kualitas gambar yang tak kalah dari versi aslinya pula.

Into the Fire konon diangkat dari kisah nyata, tentang 71 pelajar yang diperbantukan menjadi tentara karena pasukan Korsel kekurangan tentara untuk menjaga Pohang, wilayah yang menjadi titik menentukan menuju Nakdong. Berlatar tahun 1950 ketika Korsel sedang mengalami perang saudara dengan Korut.

71 into the fire

Di antara pelajar itu adalah Oh Jung-Bum (, yang bersama kedua temannya, telah terlebih dahulu bergabung menjadi tentara dan kemudian ditunjuk komandannya, Suk-dae untuk memimpin tentara pelajar tersebut.

Sementara di antara 68 pelajar tambahan, termasuk di dalamnya adalah Kap-jo (, seorang pemuda berandalan tapi ingin bergabung menjadi tentara untuk balas dendam karena orantuanya dibunuh tentara Korut.

71into the fire

Tugas menjaga Pohang bukan hal yang mudah bagi ke 71 anak muda tersebut. Oh Jung-bum yang jadi komandan merasa kurang pede, sementara si bengal Kap-jo sering membangkang dan membuat masalah. Tidak hanya itu, para pelajar itu juga sama sekali buta soal perang dan gagap memegang senjata. Tapi sebagai anak muda, mereka punya semangat membara, yang menjadi modal utama mereka melawan tentara Korut yang dikomandani Park Mu-rang.

Nonton film ini mengingatkan saya sama film May 18. Nggak mirip sih, tapi sama-sama film perang dengan tokoh utamanya anak muda. Mana yang lebih bagus? Saya pikir kedua-duanya bagus dan saya suka dua-duanya. Seperti halnya May 18, Into the Fire adalah film perang yang ‘bukan sekedar film perang.’ Bukan sekedar film yang dar-der-dor menonjolkan visual effect yang canggih, tapi juga menonjolkan humanisme. Di tengah suasana perang, ada sekelumit drama, ada humor dan air mata.

71 ito

Saya belum pernah lihat akting sebelumnya, tapi saya pikir, aktingnya bagus di film ini (sebelumnya saya agak underestimate mengingat latar belakangnya sebagai anggota BIG BANG). Dan meski dia bukan disebut sebagai pemeran paling utama, saya pikir sebenarnya dia memang pemeran utamanya karena dia yang nongol dari awal sampai akhir dengan eksplorasi karakter yang cukup mendalam.

71_Into_the_Fire-1

Kwon Sang-woo, yang saya pikir diawal adalah si tokoh utama, justru terlihat kurang mengesankan. Karakter sebagai si pemuda bengal agaknya bukan sesuatu yang baru bagi dia, dan aktingnya tak jauh beda dari peran-peran yang sering ia mainkan. Selama menonton, saya juga tak bisa berhenti membandingkan betapa ia sebenarnya memang bukan dalam usia pelajar lagi (usia 34 tahun) dan rasanya ‘tak adil’ disejajarkan dengan (23 tahun), juga di antara aktor lain yang berperan sebagai tentara pelajar yang terlihat masih sangat culun-culun. Saya nggak tahu, apa dipilihnya Sang-woo sebagai salah satu strategi pemasaran atau apa. Begitu juga dengan peran dan, dua aktor yang cukup senior. Tapi, overall, saya cukup puas nonton Into The Fire.

Cast:
, Kap-jo
, Oh Jung-bum
, Kang Suk-dae
, Park Mu-rang

Sutradara: / Lee Jae-han
Penulis : Jo Cheol-hyeon
Musik : Kim Joon-seok
Sinematografi : Kwak Jeong-deok

Rilis : Juni 2010
Durasi : 120 menit.

  1. devan
    Desember 6, 2010 pukul 8:43 am

    great movies!!! akting TOP sangat mengagumkan… Untuk yang sudah nonton iris pasti tdk kaget lagi… meskipun anak boyband tapi di asia, jangan remehkan skill personel boyband asia…

    • Desember 10, 2010 pukul 6:52 am

      Bener2. Agaknya saya harus memperbaiki cara pandang saya terhadap personel boyband (korea) 🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

