Beranda > Film Barat > Please Give

Please Give

Kate adalah perempuan middle-age dan middle class yang tinggal di sebuah apartemen di New York bersama suaminya, Alex dan anak semata perempuan semata wayang mereka yang beranjak remaja, Abby. Segala sesuatunya terlihat baik-baik saja bagi keluarga ini. Kate dan Alex mengelola sebuah toko furniture yang menjual furniture bekas pakai yang cukup laku. Tinggal di salah satu bagian apartemen mereka adalah Andra, seorang perempuan yang akan segera berusia 91 tahun.  Secara tak langsung mereka berharap Andra akan segera mati agar mereka bisa menggunakan apartemen yang ditempati Andra.

please give2

Andra mempunyai dua orang cucu yang ia asuh sejak masih sangat muda, Rebecca dan Mary. Rebecca bekerja di laboratorium kanker payudara sedangkan Mary menjadi ahli kecantikan di sebuah spa. Penampilan dan sifat kedua kakak beradik itu sangat bertolak belakang. Rebecca yang bertubuh jangkung, selalu terlihat canggung, tertutup dan penuh perhatian pada neneknya. Sementara Mary yang modis dan menggoda selalu terlihat dingin dan acuh.

please give

Kate yang hidup nyaman, sering dihinggapi perasaan menjadi ‘orang yang belum cukup baik’ apalagi ketika dilihatnya para gelandangan dan pengemis di jalan-jalan. Ia tak segan memberikan uang pada gelandangan dan pengemis yang sering membuat anaknya, Abby berang karena ibunya selalu mengomel ketika ia minta dibelikan jeans seharga 200 dolar. Tidak hanya itu, ia juga mendaftar jadi volunteer  pekerja sosial. Kate juga merasa bersalah karena mengambil keuntungan yang cukup besar dari penjualan furniture-nya.

please give3

Alex juga dihinggapi kebingungan. Hubungannya dengan Kate sangat baik tapi ia tak bisa mengelak ketika Mary ‘menggodanya’ dan ia pun berselingkuh dengan dihinggapi rasa bersalah. Mary, meski dari luar adalah sosok yang dingin, tapi diam-diam menyimpan kesepian. Rebecca, berusaha merawat neneknya, karena meski sifatnya menyebalkan, tapi dialah yang merawat ia dan kakaknya.

Saya pikir, kita juga sering merasakannya. Merasa bersalah karena keberuntungan yang kita miliki. Merasa belum cukup baik terhadap sesama. Merasa…yah itu adalah hal-hal yang sangat manusiawi. Dan saya pikir, film ini bisa memotret hal itu dengan cukup baik.

Cast:

, Kate
, Alex
Ann Guilbert, Andra
, Mary
, Rebecca
Sarah Steele, Abby

Sutradara: 

Penulis : 

Rilis : 2010, US

Awards:

Please Give masuk dalam Official Selection di Sundance FF dan Berlin FF 2010

Notes:

Meski menyebalkan dan sarkastis, saya jatuh iba pada Andra setelah lihat adegan ini😦

Andra keukeuh enggan memandang indahnya warna daun musim gugur

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: