Beranda > Film Barat > A Prophet

A Prophet

Saya suka film ini. Menurut saya, ini adalah tentang bagaimana seorang manusia tetap berusaha mempertahankan ”kemanusiaan’nya di tengah hidup yang begitu suram. Adalah Malik El Djebena (Tahar Rahim), pemuda keturunan Arab berusia 19 tahun yang harus mendekam di penjara selama 6 tahun. Tak diceritakan apa kesalahan Malik di sini, yang jelas kita tahu bahwa Malik dibesarkan oleh dunia yang keras. Malik menjalani hari-hari di penjara tanpa neko-neko. Ia bersikap patuh terhadap semua perintah dan sering menyendiri.

a Prophet2

 Sikapnya ini menarik perhatian seorang gembong mafia Korsica, Luciani (Niels Alstrup). Luciani berhasil mendekati Malik dan menyuruhnya membunuh Ryad, tahanan lain yang juga seorang keturunan Arab dan pernah menawarinya Malik hasis dengan imbalan seks. Awalnya Malik menolak, tapi Luciani mengancamnya. Dan kemudian ia pun memberanikan diri memasuki kamar Ryad. Alih-alih mencabulinya, Ryad justru mengajaknya mengobrol soal buku-bukunya dan mengatakan padanya untuk belajar membaca. Malik gemetaran, tapi ia tak punya pilihan. Dengan kalap, ia pun membunuh Ryad. Malik pun jadi anggota Luciani. Seiring waktu, ia menjadi orang kepercayaan Luciani. Meski kadang apa yang dilakukannya bertentangan dengan hati nuraninya, Malik tak punya pilihan.

a prophet

Di penjara, ia pun belajar memilah-milah yang kemudian mendewasakannya. Di penjara pula, ia berkenalan dengan Reyeb, seorang sopir yang menderita kanker prostat. Reyeb seorang yang alim dan menyayangi keluarga, tapi ia juga harus bertahan hidup. Malik membantunya dengan meminta Reyeb membantu pekerjaannya, seperti ketika Malik disuruh membunuh Vettori, bos Luciani.

prophet

 Kali ini, Malik bukan lagi Malik yang lugu dan gemetaran ketika disuruh membunuh. Alih-alih menuruti perintah Luciani, ia memutuskan sendiri apa yang akan dilakukannya.

Cast:
Tahar RahimMalik El Djebena
Niels ArestrupCésar Luciani
Adel BencherifRyad
Hichem Yacoubi – Reyeb
Director : Jacques Audiard

Judul Lain: Un Prophet

Music: Alexandre Desplat
Cinematogr aphy : Stéphane Fontaine
Writters : Jacques Audiard, Thomas Bidegain, Abdel Raouf Dafri, Nicolas Peufaillit
Release year : 2009
Running time: 150 min.

Awards : Nominasi Oscar 2010 kategori Best Foreign Language Film, pemenang BAFTA Awards kategori Best Film Not in the English Language & Best Cinematography, nominasi Golden Palm di Cannes FF 2009, pemenang Grand Prize of the Jury di Cannes FF 2009, pemenang Best Actor (Tahar Rahim), Best Cinematography, Best Director, Best Editing, Best Supporting Actor (Niels Astrup) dan beberapa kategori lainnya di Cesar Awards, Perancis. Best Actor, Best Director, Best Screenwriter di European Awards. Nominasi dan pemenang di beberapa FF lainnya.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gudangekspresi

say something

Membaca Filem

Meresensi film yang kami tonton

Korean Lyric

get Korean and Japanese lyrics here!

At The Movies

Film reviews and discussion by Amir Syarif Siregar

%d blogger menyukai ini: